Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 Mei 2017 , oleh admin , pada kategori Warta FIB

Untuk ketiga kalinya, kontingen Universitas Brawijaya yang diwakili oleh para mahasiswa Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berhasil menjadi Juara Umum tingkat Nasional dalam ajang La Semaine Française (LSF) atau Pekan Bahasa Prancis. La Semaine Française merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis (l’Association des Etudiants du Département de Français atau AEDF) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Pada acara LSF yang diadakan pada tanggal 17-20 April 2017 ini, ada empat kategori yang dilombakan, yaitu membaca puisi, pidato, membaca berita, dan vocal group. Tentu saja, materi yang dibawakan dalam kategori tersebut berupa materi dalam bahasa Prancis. FIB UB mengirimkan masing-masing dua kontingen pada tiap kategori lomba, dan satu tim untuk kategori vocal group.

Kontingen FIB UB berhasil meraih Juara Umum dengan perolehan juara tiap kategori sebagai berikut:

Lomba Pidato

Juara 1 oleh Novita Ulfianti D. (2014)

Juara 3 oleh Adelia Syiva T. (2015)

Lomba Baca Puisi

Juara 3 oleh Brahmantio Rendra N. (2014)

Lomba Vocal Groups

Juara 1 oleh Abdullah Bilbas (2015), Raditya Ari (2015), Vicky Pravita (2015), Fadilatul Rahma (2016), Sidra Salsabila (2016), dan Ruth Agnesia (2016)

Adapun rangkaian persiapan berupa audisi dan seleksi peserta dilaksanakan mulai awal Maret 2017 oleh panitia yang terdiri dari para mahasiswa Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Peserta terpilih mendapatkan bimbingan yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Prancis, kakak tingkat, dan mahasiswa yang pernah mengikuti lomba ini di tahun sebelumnya.

“Bangganya, UB berpartisipasi pada acara LSF ini mulai tahun 2015 dan menjadi juara umum berturut-turut pada tahun 2015, 2016, dan 2017. Hal ini membuat Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB memancang target untuk mempertahankan Juara Umum di kompetisi tahun berikutnya,” ujar Muhammad Ulul Azmi (2014), Ketua Himaprodi Bahasa dan Sastra Prancis. Semoga sukses! [DT/MSH/PSIK FIB]