Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya

ANCANGAN FILOSOFIS DAN IMPLIKASINYA PADA PEMERIAN BAHASA

14-Aug-2014 admin Jurnal Penelitian
Sony Sukmawan

ABSTRAK

Tata bahasa tradisional  sudah ada sejak zaman Yunani pada abad kelima sebelum Masehi. Bagi orang-orang Yunani tata bahasa  sejak semula adalah bagian dari filsafat.  Tata  bahasa merupakan bagian dari keleluasaan pengamatan mereka terhadap sifat-sifat alam di sekitar mereka dan lembaga- lembaga sosial mereka sendiri.
Filsuf-filsuf Yunani  memperdebatkan apakah bahasa dipengaruhi oleh alam atau konvensi.  Pertentangan antara alam dan konvensi ini adalah hal biasa dalam spekulasi filsafat Yunani. Pandangan alamiah didasari asas-asas  yang abadi dan  tak berubah di luar manusia sendiri, karena itu tidak dapat diganggu gugat. Sedangkan pandangan konvensional melihat bahwa segala sesuatu, termasuk di dalamnya adalah bahasa, merupakan hasil kebiasaan dan tradisi , yakni persetujuan  yang tak terucap (perjanjian sosial). Karena merupakan buah kesepakatan masyarakat, maka perjanjian sosial  sebagai hasil perbuatan manusia sendiri dapat dibatalkan oleh manusia.
Dalam diskusi tentang bahasa, perbedaan antara alam dan konvensi dipertegas, terutama untuk menjawab pertanyaan apakah harus ada hubungan antara arti sebuah kata dan bentuknya. Tulisan ini akan mepaparkan perspektif alamiah dan konvensi dalam bahasa, masalah analogi dan anomal beserta aplikasinya,  subjek dan predikat  dalam ancangan filsafat, kategori gramatikal dan implikasi tradisional, dan kontribusi gramatika tradisional pada gramatika struktural.
Kata Kunci: gramatika tradisional, filosofis, pemerian bahasa

REFERENSI

Bloomfield, Leonard. 1995. Bahasa. Terjemahan oleh I. Sutikno.Jakarta: Gramedia.

Oke, I.G.K dan Suparno. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Depdikbud.

Lyons, John. 1995. Pengantar Linguistik. Terjemahan I Soetikno. Jakarta: Gramedia.

Pateda, Mansoer.1990. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Penerbit Angkasa.

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2003. Filsafat Bahasa. Surakarta:Muhammadiyah University Press.

Samsuri.1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Verhaar, J.W.M. 1988. Pengantar Linguistik. Yogjakarta. Gadjah Mada University Press.

Wahab, Abdul. 1990. Butir-Butir Linguistik. Surabaya: Airlangga University Press