Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya

Pentingnya Penguasaan Bahasa dan Budaya Asing Sebagai Pendukung Utama Sektor Pariwisata

29-Jul-2015 admin Jurnal Penelitian

Aji Setyanto, M.Litt

Universitas Brawijaya, Malang

adjie_brawijaya@yahoo.co.jp

Peranan bahasa asing dalam sektor pariwisata, diantaranya adalah untuk promosi wisata ke luar negeri, pelayanan reservasi, pelayanan akomodasi (hotel atau perjalanan), pelayanan saat guiding, komunikasi wisman dengan masyarakat, yang pada akhirnya berhubungan dengan pencitraan terhadap Indonesia oleh para wisman tersebut.

Pelaku wisata  yang seharusnya menguasai bahasa asing meliputi, pegawai travel agent, pegawai hotel, pemandu wisata, dan masyarakat pelaku pariwisata. Target minimal penguasaan penguasaan bahasa asing tersebut adalah: Percakapan sederhana sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan, serta penguasaan tata bahasa dan percakapan dasar.

Selain penguasaan bahasa asing, budaya dari berbagai negara asing, baik budaya yang menyertai bahasa, maupun yang lainnya juga wajib diketahui untuk menjaga supaya bisa memahami semua komunikasi yang terjalin dengan wisman tanpa terjadi kesalahpahaman yang berarti.

Dengan penguasaan bahasa asing, sekaligus memahami budaya wisman dari berbagai negara, diharapkan bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan mampu menimbulkan kesan atau citra yang baik yang mempunyai efek meningkatnya industri pariwisata Indonesia.

Kata kunci: Penguasaan bahasa asing, budaya, pariwisata,

Daftar Pustaka

Adji Kurniawan , 2012, Travel Plus Indonesia, Panduan-Menjadi-Tour-Leader

Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Kewenangan. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI. Diakses pada 27 Juni 2011.
Taufiq Yasin Rosyadi, 2014,  The sources of international relations material,Visa Magazine, 2012 , Global Tourism Intentions Survey, PT. Visa Worldwide Indonesia

http://www.authorstream.com/Presentation/elno_2811-1271391-departemen-dalam-hotel/

http://online-reservation.blogspot.com/2006/08/pra-skripsi-bab-iii.html