Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 November 2015 , oleh admin , pada kategori Agenda FIB, Kegiatan Mahasiswa

Temu Mata Antropologi adalah nama kegiatan edukasi yang akan dilaksanakan oleh Program Studi Antropologi FIB UB pada bulan November. Kegiatan ini merupakan dua rangkaian acara besar yaitu Pameran Artefak Religi, dan Seminar Kebudayaan dengan tema “Perjalanan Religi Nusantara”. Kegiatan ini bertujuan agar dapat memperkenalkan sekaligus memberi pengetahuan tentang perjalanan religi nusantara, khususnya pada mahasiswa Antropologi Brawijaya dan masyarakat luas pada umumnya.

Acara pembuka, yaitu Pameran Artefak Reigi, berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada 11- 13 November 2015. Kegiatan ini mempunyai konsep nuansa ruangan monogram (bernuansa hitam-putih). Kegiatan ini diisi dengan pengenalan benda-benda (artefak) serta foto-foto religi yang tentunya sudah dibubuhi caption (keterangan) terkait dengan   tema temu mata  antropologi kali ini yaitu Perjalanan Religi Nusantara. Artefak  dan foto-foto religi yang akan ditampilkan dapat menunjukkan dan membuktikan bahwa artefak-artefak tersebut telah menjadi bukti adanya evolusi religi di masa lalu dan menjelaskan perjalanan dari evolusi religi tersebut menuju masa sekarang. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bagaimana kemudian mahasiswa antropologi khususnya dan masyarakat luas umumnya dapat mengetahui, memahami dan mengerti sejarah evolusi sistem religi dari nenek moyangnya hingga pada pribadinya.

Sedangkan Seminar Kebudayaan yang merupakan acara puncak dari kegiatan Temu Mata Antropologi ini dilaksanakan pada hari Minggu, 15 November 2015.  Seminar ini mengusung tema Perjalanan Religi Nusantara dengan mengambil judul, Akar Religi Nusantara : Sebuah Perjalanan Masyarakat Mengenal Tuhan. Seminar akan diawali dengan penampilan monolog dari salah seorang mahasiswa Antropologi yang dilanjutkan dengan materi mengenai perjalanan religi nusantara.  Sebelum seminar, para peserta sudah mendapat pemahaman kecil mengenai perjalanan religi nusantara yang didapat melalui artefak-artefak religi di acara pameran artefak religi sebelum acara seminar ini.

Secara rinci kegiatan Temu Mata Antropologi sebagai berikut:

  1. a. Pameran Artefak Religi

Waktu        : 11-13 November 2015

Pukul         : 08.15-08.20 WIB

11 November 2015 (Pembukaan Pameran artefak religi)

13 November 2015 (Penutupan Pameran artefak religi)

Tempat       : Hall FIB lantai 1

  1. b. Kegiatan Seminar

Waktu        : 15 November 2015

Pukul         : 09.00-12.30 WIB

Tempat       : Studio UB TV