Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya

Human Resources

admin

Seiring dengan misi Universitas Brawijaya untuk menjadi Universitas berstandar internasional dimana salah satu kriterianya adalah kualifikasi staf pengajar, FIB dituntut untuk segera meningkatkan profesionalisme tenaga edukatif dan pejabat struktural dengan mengacu pada Statuta Universitas Brawijaya (dokumen SPMI UB kode 00001 02000).   Fakultas harus menyediakan dosen dengan kualifikasi minimal S2  dan asisten dosen dengan kualifikasi S1 serta tenaga kependidikan dengan kualifikasi minimal D3/sederajat, yang kompeten sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya.

Fakultas juga harus melaksanakan tindakan yang sistematis untuk membandingkan kebutuhan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sesuai tuntutan/kebutuhan kurikulum dan persyaratan yang ditetapkan. Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan masing-masing PS di lingkungan FIB.

Berdasar data tersebut FIB terus melakukan usaha untuk meningkatkan kualitas tenaga dosen sesuai kompetensi yang dibutuhkan dan memfasilitasi pengurusan kepangkatan dosen.

Wujud dari komitmen peningkatan kualitas dosen ini adalah: (1) mendorong dan memfasilitasi dosen  untuk  mengikuti  training,  pelatihan,  atau  seminar;  (2)  mendorong  dan  memfasilitasi dosen untuk studi lanjut; (3) memberi fasilitas bagi dosen untuk melakukan penelitian, pengabdian dan menulis karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal  nasional/internasional. Usaha tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan fakultas akan tenaga dosen yang kompeten dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.

Sedangkan pengangkatan staf ke dalam jabatan struktural maupun fungsional mengacu pada SK Rektor 351/PER/2010 untuk jabatan Dekan, 165/PER/2011 untuk jabatan Pembantu Dekan, 204/SK/2007 untuk Ketua dan Sekretaris Jurusan, 322/SK/2007 untuk wakil dosen dalam Senat FIB dan UB. Sedangkan pengangkatan KTU dan Kasubbag berdasarkan Keputusan Rektor UB.