Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 19 July 2013 , oleh admin

Jumlah Penelitian dalam kurun waktu 3 tahun terakhir :

Dana Penelitian dalam kurun waktu 3 tahun terakhir :

Sejak tahun 2011, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) telah menyusun road map penelitian yang digunakan sebagai acuan bagi dosen untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian. Road map penelitian tersebut disusun dengan mempertimbangkan perkembangan FIB, khususnya terkait dengan penambahan enam program studi baru. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian dosen akan semakin variatif dan berpotensi berciri interdisipliner sesuai dengan perkembangan kajian budaya (cultural studies).

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2011-2013) hasil penelitian dosen menunjukkan kesesuaian dengan road map penelitian yang telah disusun. Kebijakan penggunaan dana DPP/SPP sejak tahun 2010 untuk memfasilitasi kegiatan penelitian merupakan bentuk dukungan dari pihak fakultas untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki setiap dosen. Persebaran dana penelitian ke seluruh program studi juga turut meningkatkan motivasi dosen untuk melakukan kegiatan penelitian. Setiap dosen memiliki kebebasan untuk menentukan topik penelitian sesuai dengan bidang keilmuannya tetapi tetap merujuk kepada visi dan misi FIB.

Kegiatan penelitian dengan hibah DPP/SPP pada dasarnya merupakan media pembelajaran bagi setiap dosen untuk melakukan kegiatan ilmiah. Pada tahap selanjutnya, setiap dosen diharapkan akan mampu bersaing untuk memperoleh hibah penelitian dalam skala nasional. Rangkaian kegiatan mulai dari seminar proposal, seminar hasil, penyusunan laporan akhir penelitian dengan melalui proses monitoring dan evaluasi serta penulisan artikel hasil penelitian yang kemudian diterbitkan di jurnal nasional merupakan bentuk upaya peningkatan kualitas kegiatan penelitian di FIB. Selain hibah DPP/SPP, pada tahun 2013 FIB juga memberikan kesempatan bagi dosen untuk melaksanakan kegiatan penelitian dengan hibah BOPTN.

Kegiatan penelitian dosen di FIB juga melibatkan peran serta mahasiswa sebagai salah satu upaya menggali potensi akademik para mahasiswa sekaligus media pembelajaran bagi mereka untuk menulis sebuah karya ilmiah. Sementara itu, penyebaran informasi kegiatan penelitian dilakukan dengan memanfaatkan laman fakultas, miling list dosen, maupun pengumuman dalam bentuk surat yang diberikan kepada setiap dosen.