Ditulis pada 29 August 2017 , oleh admin , pada kategori Berita

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) tahun ini kembali mengirimkan dua kontingen dalam ajang PIMNAS 2017. Dua tim tersebut mengambil skema yang sama, yaitu penelitian sosial humaniora. “Dalam dua tahun ini, kita berhasil mengirimkan dua kelompok dalam tiap tahunnya, dari empat kelompok yang didanai, atau 50% dari yang didanai lolos PIMNAS, dan itu perlu diapresiasi karena kerja keras pembimbing yang luar biasa.” Ungkap M. Andhy Nurmansyah, S.S.,  M.Hum., selaku Wakil Dekal III FIB UB.

Adapun persiapan khusus sudah dimulai sejak tahun sebelumnya. M. Andhy Nurmansyah, S.S., M.Hum mengungkapkan, “Kita mencoba merancang skema pada saat mereka menjalankan projeknya. Dalam PKM ini, proposal mereka diterima, didanai, kemudian tim tersebut menjalankan projeknya selama kurang lebih empat bulan, kemudian melalui monitoring dan evaluasi, untuk kemudian dinilai layak masuk PIMNAS atau tidak, nah disitu kita lakukan strategi-strategi pemantapan yang intensif.”

Kelompok penelitian yang pertama dari Program Studi Antropologi FIB UB yaitu Miftakhul Iftita (2013), Helmawati (2013), Luaiyibni Fatimatus Zuhra (2013), dan Gilang Mahardika (2015). Di bawah bimbingan Siti Zurinani, S.Ant., M.A., tim ini tertarik untuk meneliti keadaan para korban Bencana Lumpur Lapindo, perubahan yang terjadi serta kondisi sosio kultural di tempat tinggal yang baru. Fokus penelitian mahasiswa antropologi ini adalah masyarakat korban Bencana Lumpur Lapindo yang dahulunya adalah warga Renokenongo.

Kelompok peneliti yang kedua terdiri dari Nurul Rodiyah (Antropologi FIB 2015), Rizki Haidar Aqil (Pendidikan Bahasa Inggris FIB 2015), Novitri Nurimani Asha (Psikologi FISIP 2015), Yayuk Windarti (Antropologi FIB 2016), dan Aprilia Tri Wahyu Ningrum (Antropologi FIB 2016), dengan dosen pembimbing Putri Kumala Dewi, M.Pd. yang melakukan penelitian tentang Studi Psikoanalisis Hubungan Antara Kesetiaan dengan Berpikir Kritis dan Logis Pengikut Padepokan Dimas Kanjeng (Taat Pribadi).

Manfaat penelitian tentang Studi Psikoanalisis Hubungan Antara Kesetiaan dengan Berpikir Kritis dan Logis Pengikut Padepokan Dimas Kanjeng (Taat Pribadi), adalah “(1) bagi kajian psikologi, diketahui relevansi antara kesetiaan dengan kemampuan berpikir kritis dan logis, (2) bagi kajian etnografi, diketahui faktor-faktor yang menyebabkan manusia setia, kritis, dan logis terhadap orang lain dan lingkungan sekitar”, ungkap Putri Kumala Dewi, M.Pd.

Strategi-strategi khusus tentunya dilakukan untuk membuat tim FIB UB mampu lolos seleksi menuju PIMNAS. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pembimbing, Putri Kumala Dewi, M.Pd. selain itu, topik penelitian harus up to date dan hasil penelitiannya memiliki kebermanfaatan praktis bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, judul penelitian harus menarik. Topik yang menarik, tetapi judulnya kurang menarik juga akan sulit dilirik oleh reviewer.

Pelepasan dua tim kontingen FIB UB beserta 29 tim kontingen UB lainnya diadakan pada hari Jumat, tanggal 18 Agustus 2017 di Masjid Fatahilah, Gedung Rektorat UB lantai 5. Acara tersebut dibarengi dengan doa bersama anak yatim piatu. Pada hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2017, para kontingen berangkat menuju Makasar. Registrasi dilakukan di Universitas Muslim Indonesia, Makasar, Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Agustus 2017. Kemudian, pengumuman pemenang pada tanggal 26 Agustus 2017. Kontingen PIMNAS UB akan kembali pada tanggal 28 Agustus 2017. Besar harapan bahwa pada PIMNAS tahun 2017 ini UB kembali meraih juara umum lagi dan khususnya FIB UB juga dapat meraih prestasi yang terbaik. [DT/MSH/PSIK FIB]

 

Artikel terkait:

http://fib.ub.ac.id/?p=11184&lang=id

https://prasetya.ub.ac.id/berita/Pemulihan-Kehidupan-Korban-Lumpur-Lapindo-di-Desa-Renokenongo-19699-id.html

http://fib.ub.ac.id/?p=11200&lang=id

https://prasetya.ub.ac.id/berita/Mahasiswa-UB-Lakukan-Studi-Psikoanalisis-pada-Pengikut-Padepokan-Dimas-Kanjeng-19635-id.html