Program Studi Sastra Cina

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 6 November 2015 , oleh Bastra Cina , pada kategori Berita

Pada hari Minggu, tanggal 1 November 2015 bertempat di Ruang Aula Selasar Lt. 4 Kantor Manajemen Universitas Airlangga Kampus C Surabaya diadakan acara Penyerahan Hadiah Lomba Pengetahuan Tiongkok. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan diantaranya Pjs Wali Kota Surabaya dan Wali Kota Malang. Lomba ini diadakan oleh Konsulat Jenderal RRC di Surabaya dengan Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur. Lomba ini diikuti oleh 1254 orang peserta yang berasal dari 12 universitas di wilayah Kota Malang dan Surabaya. Kedua belas universitas yang mengikuti lomba tersebut adalah 4 universitas di Malang yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Ma Chung; dan 8 universitas di Surabaya yaitu Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Surabaya, Universitas Widya Kartika, Universitas Katolik Widya Mandala, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag).

Universitas Brawijaya meraih posisi ketiga pada perlombaan ini dan sebanyak 5 orang mahasiswa dari Universitas Brawijaya mendapatkan penghargaan untuk pencapaian ini. Penghargaan ini diberikan kepada Elli Yana (NIM 145050100111023) dari Fakultas Peternakan, 3 orang mahasiswa Program Studi S1 Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya yaitu Nadia Setya Swastika (NIM 115110401111008), Fina Rosa Siregar (NIM 155110400111014), dan Ahmad Imam Muttaqin (NIM 135110401111006), dan Bastian Krisna Faldano (NIM 115110300111001) dari Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya.

Universitas Brawijaya pada kesempatan ini juga memperoleh penghargaan khusus sebagai universitas dengan peserta terbanyak yaitu 235 orang. Hadiah diserahkan oleh pihak penyelenggara kepada wakil dari Universitas Brawijaya yaitu Prof. Dr. Ifar Subagiyo. M.Agr.St selaku Kepala International Office Universitas Brawijaya dan Diah Ayu Wulan, M.Pd selaku Kepala Program Studi S1 Sastra Cina, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.

Lomba Pengetahuan Tiongkok ini dilaksanakan secara online melalui tautan yang tersedia di website Konsulat Jenderal RRC pada tanggal 28 September hingga 21 Oktober 2015.  Peserta diminta untuk menjawab 60 pertanyaan dalam Bahasa Indonesia dalam bentuk soal pilihan ganda berkenaan dengan Tiongkok dan hubungannya dengan Indonesia dalam waktu maksimal 30 menit. Setiap peserta hanya dapat mengikuti lomba ini satu kali dan peserta tidak dipungut biaya.

Tujuan dari Lomba ini adalah untuk menambah pengetahuan umum peserta lomba tentang Indonesia maupun Tiongkok, menimbulkan minat peserta lomba untuk menggali lebih lanjut segala informasi tentang kedua negara, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hubungan yang harmonis antara kedua negara, dan membangun jejaring komunikasi yang baik antara pihak penyelenggara dan instansi pendidikan di Surabaya dan Malang. Lomba yang didakan untuk kalangan mahasiswa secara umum ini kali pertama diadakan dan sedianya akan dijadikan kegiatan rutin di kemudian hari.