Program Studi Sastra Cina

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Identitas Program Studi

Bastra Cina
Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya
Fakultas : Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan : Bahasa dan Sastra
Kode Program Studi : 79209
Nama Program Studi : Sastra Cina
Nomor SK pendirian PS : 209/SK/2010
Tanggal Berdiri : 15 Juli  2010
SK Izin Operasional : 595/E/O/2014
Tanggal SK Operasional : 17 Oktober 2014
Nomor SK BAN-PT : 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : B
Rasio Dosen : Mahasiswa :
Alamat : Jl. Veteran Malang
Kode Pos : 65145
Telepon : 0341 – 575875
Faximile : 0341 – 575822
Email : sastracinabrawijaya@gmail.com
Website : http://fib.ub.ac.id/BastraCina/
Gelar Lulusan : S1
Deskripsi : 1. Komunikator : Sarjana yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Mandarin secara lisan dan tulisan (setara HSK Level 4 dan HSKK Tingkat Menengah)
2. Penerjemah : Sarjana yang mampu mengalihbahasakan dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia secara lisan atau tulisan
3. Konsultan bahasa : Sarjana yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin baik lisan maupun tulisan setara tingkat menengah (HSK level 4, HSKK Tingkat Menengah / minimal 1200 kosa kata)
4. Peneliti  Bahasa Mandarin : Sarjana yang mampu meneliti morfologi, fonologi,semantik,sintaksis bahasa Mandarin.
Visi : Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang berwawasan global dan berbudaya nasional melalui pendidikan dan pengembangan kajian ilmu bahasa dan sastra Cina , serta mengembangkan jiwa wirausaha.
Misi : A. menyelenggarakan pendidikan bahasa, sastra dan budaya Cina.
B. melaksanakan penilitian bidang kajian bahasa, sastra, dan budaya Cina
C. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kajian bahasa, sastra dan budaya Cina.
Kompetensi Program Studi : Kompetensi Utama
a. Memiliki kemahiran dan keterampilan berbahasa Cina secara lisan dan tertulis.
b. Memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa , sastra dan budaya Cina.
c. Memiliki kemampuan dasar dalam bidang penerjemahan bahasa
Kompetensi ketrampilan berbahasa
a. Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan (bahasa Mandarin) setara tingkat menengah (HSK 4, HSKK Menengah)
b.  Menguasai konsep teoretis kebahasaan secara umum
c. Menguasai pengetahuan dasar tentang budaya Tiongkok (sejarah, sastra, pemikiran)
d. Menguasai konsep teoritis dan teknik penerjemahan secara umum
Kompetensi Keilmuan
a. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
c. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
d. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
e. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
f. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
g. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
h. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
j. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
k. menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan (bahasa Mandarin) setara tingkat menengah (HSK 4, HSKK Menengah)
l. Menguasai konsep teoretis kebahasaan secara umum
m. Menguasai pengetahuan dasar tentang budaya Tiongkok (sejarah, sastra, pemikiran)
n. Menguasai konsep teoritis dan teknik penerjemahan secara umum
Kompetensi Kehidupan Bermasyarakat
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
h. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
i. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya
j. memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
Pompetensi Pendukung
Memiliki pengetahuan dasar tentang penelitian bahasa, sastra dan budaya Cina
b. Memiliki kemampuan dasar bahasa cina dalam bidang pers, bisnis dan perkantoran , pariwisata dan dasar-dasar pengajaran.
c. Memiliki pengetahuan bahasa asing lain berupa bahasa korea atau bahasa Jepang dan bahasa Inggris.
d.  Memiliki jiwa kepemimpinan, semangat berwirausaha, dan mampu bekerjasama dalam tim.
Capaian Pembelajaran : a.        bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.        menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.         berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.        berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e.        menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.          bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.        taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.        menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i.          menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j.          menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.