Laboratorium Ilmu Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya

Mahasiswa Program Darmasiswa RI FIB UB Outing di Museum dan Belajar Membuat Wayang

12-Mar-2018 humaniora Berita, Divisi Bahasa, Uncategorized

Para mahasiswa Program Darmasiswa RI Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) memiliki berbagai macam aktivitas untuk lebih mengenal dan dekat dengan Indonesia. Pada salah satu kegiatan outing mereka, mereka melakukan kegiatan pembelajaran di Museum Brawijaya, Museum Musik dan Museum Mpu Purwa. Kegiatan ini diadakan dalam rangka belajar mengenai sejarah dan seni budaya yang berada di Indonesia, terutama Kota Malang.

Kegiatan outing atau pembelajaran diluar ini tidak berhenti sampai disitu saja. Para mahasiswa Program Darmasiswa RI FIB UB juga mengunjungi pembuatan wayang suket di Asta Karya. Disini mereka belajar budaya asli Indonesia yaitu wayang. Hanya saja yang mereka pelajari adalah wayang suket bukan wayang kulit. Namun, hal itu tidak mengurangi antusiasme mereka untuk belajar membuat wayang tersebut.

Nampak dari ke sebelas mahasiswa asing tersebut sangat menyukai kegiatan ini. Selain mereka berhasil membuat wayang dari suket mereka juga mendapatkan ilmu tentang budaya Indonesia dan pengalaman baru.

Kesebelas mahasiswa tersebut adalah Roman Pavliuk dari Ukraina, Kyungin Kim dari Korea Selatan, Randrianarimalala Haingo Julianah dari Madagaskar, Izatullo Kurbonov dari Tajikistan, Gidiao Silva dari Timor Timur, Afsana Ali dan Tanya Patel dari India, Mohammeda-Hadi Ibrahim Bosha Ahmed dari Sudan, Nurma Tayoh, Husnee A-Buwah dan Habibuddeen Luebaeteh dari Thailand. [LIH/DT/MSH/PSIK FIB]