Laboratorium Ilmu Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya

Pembelajaran Mahasiswa FIB-UB di Ruang Microteaching

19-Apr-2018 humaniora Berita, Uncategorized

Menjadi seorang guru tidaklah mudah tanpa adanya bekal yang dimiliki,  maka dari itu Fakultas Ilmu Budaya UB memiliki Kelas Microteaching untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pengajar yang handal.

Sebelum praktek mengajar di sekolah,  ilmu dan mental mahasiswa perlu disiapkan, Ilmu yang dimaksud ialah bahwa seorang guru harus dapat mengajar dengan  baik dan mudah dipahami oleh anak didiknya. Artinya, seorang guru harus mumpuni saat memberikan penjelasan dalam proses pembelajaran agar murid dapat menangkap materi yang disampaikan, sedangkan mental perlu disiapkan berkenaan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, maupun tindak lanjut kegiatan belajar mengajar.

Agar persiapan pembentukan pribadi calon guru tersebut semakin matang, pelaksanaan pengajaran mikro dilaksanakan berulang-ulang sehingga mahasiswa memperoleh kesiapan ilmu dan mental. Tanpa kesiapan yang cukup, mahasiswa akan menemui kesulitan dalam praktek pembelajaran di kelas yang sesungguhnya, jadi dalam pembelajaran mikro di Ruang Microteaching, seorang mahasiswa akan memerankan sebagai guru dan beberapa lainya akan memerankan sebagai murid sedangkan Dosen bertugas memantau dari ruang operator sehingga keadaan tersebut hampir menyerupai kelas yang sesungguhnya.

Melalui pengajaran mikro, diharapkan (1) mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang nyata, (2) mahasiswa dapat mengembangkan ketrampilan mengajarnya, (3) mahasiswa dapat menguasi kondisi kelas, dan (4) mahasiswa dapat mengetahui kekuranganya melalui rekaman saat simulasi mengajar sehingga mereka dapat mengasahnya secara berkala. [LIH/Via/DT/MSH/PSIK FIB]

Berikut kegiatan pembelajaran di ruang microteaching FIB-UB