Laboratorium Ilmu Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya

FIB UB Terima Tujuh Mahasiswa Asing Program Darmasiswa RI Tahun Akademik 2018/2019

12-Sep-2018 humaniora Berita, Divisi Bahasa, Uncategorized

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menerima tujuh mahasiswa asing Program Darmasiswa RI Tahun Akademik 2018/2019. Acara pembukaan dilakukan pada hari Senin (3/9/2018) di Aula lantai 2 Gedung A FIB UB dimulai pada jam 10.00 WIB. Acara dibuka oleh Agus Gozali, S.Pd., M.Ling selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Esti Junining, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Esti Junining, M.Pd. mengungkapkan syukur dan bangga bahwa FIB UB dipercaya untuk yang kedua kalinya sebagai penyelenggara  Program Darmasiswa RI. “Kami sangat senang menerima anda semua disini. Mari belajar kebudayaan Indonesia, terutama terkait Malang, dimana kalian dapat belajar banyak tentang bahasa, seni, dan budaya. Semoga Anda dapat belajar dengan nyaman disini,” ungkap Dr. Esti Junining, M.Pd.

Acara dilanjutkan dengan Pengenalan Kehidupan Kampus oleh Sahiruddin, M.A., Ph.D., selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra. Kemudian Direktur International Office (IO) UB, Prof. Dr. Ir. Ifar Subagiyo, M.Agr. St. memberikan materi tentang fungsi IO UB. Dilanjutkan oleh Fadli Robbianto Basuki, SE, staf pelayanan perijinan mahasiswa/ dosen asing IO UB tentang keimigrasian.

Ketujuh mahasiswa asing Pragram Darmasiswa RI tahun ajaran 2018/2019 tersebut adalah Raj Nandita dari India, Solohery Mampionona Aime Randrianantenaina dari Madagascar, Maria Galkina dari Rusia, Byungju Shim dari Korea Selatan, Emmanuel Michael Massay dari Tanzania, Ho Anh Nguyet dan Tran Huu Nguyet Cam dari Vietnam.

Program Darmasiswa RI adalah program beasiswa tahunan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada mahasiswa asing dari negara – negara yang menggalang hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa, kesenian, dan kebudayaan Indonesia. Para mahasiswa Program Darmasiswa RI ditempatkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Divisi Bahasa, Laboratorium Ilmu Humaniora FIB UB kembali mendapatkan kehormatan menyelenggarakan program Darmasiswa tahun akademik 2018/2019. Selain pelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), program Darmasiswa RI UB juga dirancang untuk memperkenalkan budaya Indonesia, dengan belajar membatik dan mengunjungi candi, seni Indonesia dengan belajar tari tradisional Indonesia dan Gamelan Jawa selama satu tahun di Indonesia. (DT/MSH/PSIK FIB)