Laboratorium Ilmu Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya

Dies Natalis ke-9 FIB UB: Pameran Seni Rupa dan Sastra Dedicated Aesthetic #3 beyond Illustration

22-Oct-2018 humaniora Berita, Divisi Seni, Uncategorized

Sebagai rangkaian Dies Natalis FIB UB ke-9 yang mengangkat tema  “Memperkuat Identitas Kultural di Era Millenial”, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) menggelar Pameran Seni Rupa dan Sastra bertajuk Dedicated Aesthetic #3 dengan tema Beyond Illustration. Pameran Seni Rupa dan Sastra ini resmi dibuka oleh Dekan FIB UB, Prof. Dr. Agus Suman, S.E., DEA pada hari Minggu, 30 September 2018 jam 19.00 WIB. Pameraan diselenggarakan di Aula Lantai 2 Gedung A FIB UB selama 8 hari (30/9 – 7/10/2018) dari jam 09.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Dedicated Aesthetic #3 menawarkan pandangan lain dalam memperbincangkan wilayah kreatif penciptaan karya seni, mengeksplorasi gagasan yang bersifat ‘menyegarkan’ bagi sense estetik peserta pameran dalam berolah rasa, memperhalus budi, dan memetik nilai edukatif selama prosesnya.

Beyond Illustration adalah tajuk pameran ketiga yang digelar Dedicated Aethetic. Tema ini dipilih, berawal dari kegelisahan mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FIB UB atas penerjemahan gambar ilustrasi yang sekedar menjadi tempelan visual ‘ala kadarnya’. Tema ini secara tidak langsung mengajak para peserta pameran menguji daya presepsi mereka dalam mengiterpretasikan narasi cerpen untuk dialihbahasakan menjadi bahasa rupa yang sekaligus membuka pintu-pintu pemahaman lain.

Para peserta pameran Dedicated Aesthetic #3 menciptakan karya mereka berdasarkan 1 dari 10 cerpen terpilih yang ditulis oleh mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UB. Dari 10 cerpen tersebut, terciptalah kurang lebih 50 karya seni rupa terseleksi dengan berbagai variasi teknik dan medium perwujudan, seperti karya grafis, lukis, olahan resin, sulam, dan lain-lain.

Untuk memotivasi para peserta, diadakan pula pemilihan tiga nominasi karya terbaik oleh para juri, serta karya favorit yang dipilih oleh para pengunjung. Para pemenang karya terbaik dan terfavorit, mendapatkan penghargaan yang diberikan pada saat acara penutupan Dies Natalis ke-9 FIB UB.

Selain menyajikan Pameran Seni Rupa dan Sastra, Dedicated Aesthetic #3 juga mengadakan beberapa acara lain, yaitu: Diskusi Seniman dan Penulisan Cerpen Senin pada tanggal 1 Oktober 2018 di lantai 2 gedung A FIB UB pukul 18.00 WIB; Bedah Buku ‘Bergerak dari Pinggir’ pada tanggal 2 Oktober 2018 yang dikupas langsung oleh penulisnya yaitu Wahyudin, seseroang yang dikenal di medan seni rupa Indonesia sebagai kurator di berbagai perhelatan seni; Workshop Seni Rupa tanggal 3-5 Oktober 2018 tentang “Kolase Teknik Unsembling” dan “Self Potrait”; serta Instagram Photo Contest tanggal 1-6 Oktober 2018 (selama pameran berlangsung).

Dedicated Aesthetic sendiri merupakan wujud dari kegiatan dua tahunan (bienial) yang menjadi salah satu program tetap Laboratorium Ilmu Humaniora (LIH) FIB UB. Dedicated Aesthetic yang pertama digagas pada tahun 2014 silam, dan yang kedua pada tahun 2016.

Narasumber: Romy Setiawan, M.Sn. dan I Kadek Yudi Astawan

(DT/MSH/PSIK FIB)