Ditulis pada 27 October 2018 , oleh Indonesia
Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya
Fakultas : Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan : Pendidikan Bahasa
Kode Program Studi : 88201
Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Nomor SK pendirian PS : SK Rektor No. 312/SK/2011
Tanggal Berdiri : 17 Oktober 2014
SK Izin Operasional : 595/E/O/2014
Tanggal SK Operasional : 17 Oktober 2014
Nomor SK BAN-PT : 990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : B
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1:25,8
 
Alamat : Jl. Veteran Malang
Kode Pos :  
Telepon : 0341 – 575875
Faximile : 0341 – 575822
Email : diksasindo_fib@ub.ac.id
Website : fib.ub.ac.id/PendidikanIndonesia/
 
Gelar Lulusan : S.Pd.
Deskripsi :  
Visi : Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS S-1 Diksasindo) menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul yang berstandar internasional dalam pengembangan ilmu kependidikan di bidang bahasa dan sastra Indonesia melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Misi : a.         Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam ilmu kependidikan bidang bahasa dan sastra Indonesia khususnya, dan budaya pada umumnya.
b.         Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui penelitian dan pengembangan ilmu.
c.         Berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu kependidikan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta di bidang budaya. 
   
Kompetensi Program Studi : kompetensi utama
a.       Memiliki sikap profesional dalam bekerja, disiplin, peduli, bekerja sama, tangguh, kreatif, inovatif, komunikatif dengan rekan kerja dan peserta didik, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja. 
b.     Menguasai dan mampu mengaplikasikan konsep teoretis yang sesuai dengan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia meliputi prinsip-prinsip/pendekatan kependidikan dan pembelajaran, landasan kependidikan dan pembelajaran, ilmu linguistik, keterampilan berbahasa sesuai dengan standar UKBI, dan ilmu sastra.
c.     Menguasai dan mampu mengaplikasikan ilmu tentang pemahaman peserta didik  meliputi pemahaman psikologi dan tugas-tugas perkembangan, potensi, gaya belajar, serta sikap peserta didik sehingga mampu menjadi fasilitator, memotivasi, dan membantu kesulitan-kesulitan peserta didik.
d.     Menguasai dan mampu mempraktikkan prinsip-prinsip pembelajaran meliputi pemahaman kurikulum, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dengan strategi dan media yang tepat, menguasai pengelolaan kelas yang baik, menguasai prosedur evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya, serta melaksanakan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
e.     Mampu mengembangkan kompetensi kependidikan meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sehingga mengacu pada kompetensi ideal menurut UU Guru dan Dosen.
 
 
kompetensi keilmuan
a.        Memiliki sikap mandiri, kerja sama, tangkas, dan berbudi pekerti luhur.
b.       Menguasai teknologi IT yang mendukung pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga sesuai dengan kebutuhan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat. 
c.        Memiliki jiwa kepemimpinan (kompetensi leadership) yang tinggi sehingga mampu menjalin kerja sama dengan guru-guru lain untuk mengembangkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
d.        Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) yang tinggi dalam hal menciptakan/mengembang-kan inovasi perencanaan, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, media pembelajaran, dan bahan ajar. 
e.        Memiliki kompetensi spiritual berupa semangat untuk mendidik. 
f.         Menguasai keterampilan bahasa Inggris yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan wawasan ilmu pengetahuan tentang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
 
Kompetensi Kehidupan Bermasyarakat
a.    Memiliki sikap mandiri, kerja sama, tangkas, dan berbudi pekerti luhur.
b.     Menguasai teknologi IT yang mendukung aktivitas, meningkatkan keinovatifan kinerja, memperluas jejaring kerja sama, promosi, dan tanggap terhadap perkembangan kebutuhan masyarakat.
c.     Memiliki jiwa kepemimpinan (kompetensi leadership) yang tinggi.
d.     Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) yang tinggi dalam hal menciptakan/mengembangkan kreativitas kinerja.
e.     Memiliki kompetensi spiritual.
f.      Menguasai teknik dan prosedur penelitian yang berfungsi untuk meningkatkan mutu aktivitas bidang kerja.
g.      Peka terhadap perkembangan keilmuan. 
h.     Terampil membangun komunikasi yang baik.
Kompetensi Pendukung
Instruktur BIPA
a.     Memiliki sikap profesional dalam bekerja, disiplin, peduli, bekerja sama, tangguh, kreatif, inovatif, komunikatif dengan rekan kerja dan peserta didik, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja. 
b.     Menguasai dan mampu mengaplikasikan konsep teoretis yang sesuai dengan pembelajaran BIPA meliputi prinsip-prinsip/pendekatan pembelajaran BIPA, landasan kependidikan dan pembelajaran BIPA, ilmu linguistik,  pemerolehan bahasa, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, ilmu sastra, serta budaya.
c.     Menguasai wawasan interkultural/pemahaman lintas budaya, terutama yang berhubungan dengan peserta didik asing meliputi pemahaman psikologi dan tugas-tugas perkembangan, potensi, gaya belajar, budaya, serta sikap peserta didik sehingga mampu menjadi fasilitator, memotivasi, dan membantu kesulitan-kesulitan peserta didik.
d.     Menguasai dan mampu mempraktikkan prinsip-prinsip/pendekatan pembelajaran meliputi pemahaman kurikulum BIPA, merancang, melaksanakan pembelajaran BIPA dengan strategi dan media yang tepat, menguasai pengelolaan kelas yang baik, menguasai prosedur evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya, serta melaksanakan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran BIPA.
e.     Mampu mengembangkan kompetensi kependidikan meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pengajar/instruktur BIPA.
Penulis:  buku teks dalam bidang pembelajaran dan karya sastra (puisi, prosa, drama/skenario) 
a.     Memiliki sikap profesional dalam bekerja, disiplin, peduli, bekerja sama, tangguh, kreatif, inovatif, komunikatif dengan rekan kerja dan peserta didik, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja.
b.     Menguasai teori belajar bahasa, pendekatan-pendekatan pembelajaran, ilmu kesastraan, dan drama, serta menulis.
c.     Memahami dan mampu menganalisis kurikulum, istilah-istilah dalam drama/skenario.
d.     Memahami kebutuhan dan psikologi perkembangan peserta didik sebagai pengguna buku teks.
e.        Menguasai cara memilih materi pelajaran dan kesastraan.
f.        Memahami kelayakan buku teks pelajaran dan kesastraan.
g.     Menguasai keterampilan berbahasa tulis dan lisan untuk kepentingan apresiasi sastra dan buku teks
Jurnalis
a.     Memiliki sikap profesional dalam bekerja, jujur, disiplin, peduli, tangguh, kritis, bekerja sama, semangat tinggi, beretika, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja. 
b.     Memahami dan menguasai konsep teoretis, kemampuan intelektual, kode etik, prinsip, rubrik-rubrik, dan pengetahuan umum tentang dasar-dasar jurnalistik.
c.     Menguasai dan mampu mempraktikkan prinsip-prinsip bahasa jurnalistik dalam penulisan karya jurnalistik.
d.     Peka dalam memahami, menangkap, dan mengungkap peristiwa tertentu yang bisa dikembangkan menjadi suatu karya jurnalistik.
e.     Menguasai dan mampu mempraktikkan keterampilan mencari, memperoleh, berwawancara, melakukan riset/investigasi, menganalisis, menyimpan, memiliki, menulis, menyunting, dan menyiarkan karya jurnalistik
Editor
a.     Memiliki sikap profesional dalam bekerja, disiplin, peduli, bekerja sama, tangguh, kreatif, inovatif, kritis, objektif, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja. 
b.     Mampu mengembangkan wawasan berkaitan dengan bidang yang disunting.
c.      Menguasai ilmu linguistik serta keterampilan menulis yang sesuai dengan standar bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d.      Memahami latar belakang pembaca.
e.        Mampu menilai kelayakan suatu naskah berdasarkan orisinalitas, penulis naskah adalah ahli di bidang naskah ditulis, isi naskah memiliki prospek penjualan yang bagus, gaya penulisannya baik dan menarik, memiliki sasaran pembaca yang jelas, kaya materi dan pengayaan, serta kaya dengan referensi akurat.
Penyiar
a.     Memiliki sikap profesional dalam bekerja, jujur, ramah, disiplin, peduli, tangguh, kritis, bekerja sama, luwes, percaya diri, semangat tinggi, beretika, serta berkomitmen tinggi pada tugas dan peningkatan kinerja. 
b.     Memahami dan menguasai konsep teoretis, kemampuan intelektual, kode etik, prinsip, dan pengetahuan umum tentang dasar-dasar jurnalistik dan kepenyiaran.
c.     Menguasai dan mampu mempraktikkan teknik penyiaran acara.
d.     Memiliki wawasan luas terkait dengan acara yang disiarkan.
e.     Mampu menjembatani antara acara yang dibawakan dengan masyarakat penikmat acara.
f.      Menguasai keterampilan berbicara yang mumpuni sebagai seorang penyiar di antaranya menguasai materi acara, kemampuan berbicara lancar, gagasan mudah dipahami penikmat acara, gaya bicara yang berkarakter, mampu mengatur intonasi dan tempo, memiliki vokal dan artikulasi yang jelas, memiliki gaya bahasa yang menarik, memiliki gesture yang menarik, dan mampu meminimalisir dialek. 
g.       Memahami kemampuan personal yang mendukung teknik kepenyiaran di antaranya suka bicara, mampu menjadi pendengar yang baik, memiliki spontanitas dan kepekaan terhadap situasi dengan baik, menjaga kestabilan emosi, selalu berkonsentrasi, serta berpenampilan rapi dan menarik (untuk penyiar televisi).
Capaian Pembelajaran : a)      Memiliki kompetensi religius, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, menjunjung tinggi kode etik profesi guru,jujur, bertanggung jawab pada bangsa dan negara dengan berkontribusi positif sesuai dengan bidang keahlian/karir, menghargai orang lain, kerja sama, disiplin, mandiri, serta memiliki semangat kewirausahaan.
b)      Menguasai konsep-konsep dasar disiplin ilmu bidang pendidikan dan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia meliputi prinsip/pendekatan pedagogi dan psikologi,pengembangan program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, konsep-konsep dasar ilmu kebahasaan dan kesastraan,keterampilan berbahasa, serta wawasan interkultural (untuk instruktur BIPA). 
c)      Menguasai teknik dan prosedur penelitian, keterampilan bahasa Inggris, dan IT  untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan, bahasa,sastra Indonesia, dan budaya di masyarakat.
d)      Mampu berapresiasi sastra Indonesia, baik secara lisan maupun tulis.
e)      Mampu melakukan analisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
f)       Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi. 
g)      Menguasai dan mahir dalam mempraktikkan prinsip-prinsip dan keterampilan berbahasa dalam konteks penulisan buku teks dan karya sastra (puisi, prosa, dan drama/skenario) serta penyuntingannya. 
h)      Memahami dan menguasai pengetahuan tentang dunia jurnalistik meliputi dasar-dasar ilmu jurnalistik, keterampilan menulis dan menyunting karya jurnalistik, menerapkan IT dalam penulisan karya jurnalistik, serta memiliki dasar-dasar wawasan tentang etika jurnalistik. 
i)       Memahami dan menguasai keterampilan berbicara monologis atau pun dialogis yang mumpuni, misalnya sebagai penyiar dan MC; wawasan luas tentang acara yang dibawakan; serta kemampuan personal yang mendukung teknik berbicara monologis dan dialogis. 
j)       Bersikap dan berperilaku/berkarya dalam karir sesuai dengan norma kehidupan bermasyarakat.