PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Nick Lischynsky Mempresentasikan Using Video in English Language Classroom

22-Feb-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

DSC_0011

“Video bisa digunakan dalam pengajaran bahasa sebagai motivasi utama. Ini berguna dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa,” kata Nick Lischynsky, seorang dosen dari Universitas Shantou, China. Nick memberikan ceramahnya sebagai bagian dari Workshop Series berjudul Current Trends in ELT and Linguistics (21 / Feb / 2018).

Salah satu metode yang diperkenalkannya dalam ceramah ini adalah Talking Silent, yang bisa dilakukan secara berpasangan. “Prosedurnya mudah. Pertama, pilih pasangan di sebelah Anda, lalu putuskan siapa yang akan menjadi A dan siapa yang akan B. B harus menutup mata selama sesi sementara A menonton video. A kemudian harus menjelaskan apa isi video tersebut kepada B. Kemudian B menceritakan kembali penjelasan dari A,” katanya.
Dengan menggunakan video sebagai media pengajaran, guru akan mengajarkan banyak hal kepada siswa. “Guru tidak hanya mengajarkan tata bahasa dan tenses, tapi juga beberapa hal lainnya misalnya kelas kata, bagaimana cara menceritakan atau menggambarkan sesuatu, dan bahkan bagaimana membuat video pendek,” kata Nick. Manfaat juga bisa diperoleh dari pengajaran dengan menggunakan video. “Kelas akan menyenangkan. Selain itu, akan mudah diingat dan interaktif.”