PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Jessica Xu Feng Su: Building Rapport, Membangun Hubungan Baik Guru dan Siswa.

22-Feb-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

WhatsApp Image 2018-02-28 at 13.41.11

Jessica Xu Feng Su, dosen Universitas Shantou China, menjadi pembicara pada acara kuliah tamu dengan tema Current Trends in ELT and Linguistics yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Rabu lalu (21/2/2108).

Jessica memberi sorotan tentang penggunaan rapport (hubungan baik). “Rapport berarti hubungan baik atau saling memahami dengan baik,” katanya. Kunci hubungan baik adalah hubungan dan komunikasi yang erat dan harmonis.

Jessica menyebutkan beberapa prinsip dalam membangun hubungan baik. Pertama adalah menjadi panutan. Prinsip kedua masuk akal terhadap harapan kita tentang siswa dan berkomunikasi dengan baik apa yang kita harapkan dari mereka pada satu atau dua pelajaran pertama. “Ini akan membangun kepercayaan siswa dan membuat mereka memiliki hubungan baik dengan kelas,” katanya. Langkah ini menciptakan kesempatan bagi siswa untuk saling mengenal satu sama lain dan bekerja sama. Lalu, tunjukkan minat pada para siswa. “Jika guru bisa memenuhi harapan siswa terhadap guru, hal ini akan menyelaraskan iklim kelas,” kata Jessica.