PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas KH. A Wahab Hasbullah Jombang dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UB

15-Mar-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

BU ESTI THUMBNAIL ISI

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) kembali mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang. Mahasiswa yang berjumlah 4 orang tersebut berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) FIP Unwaha. Kunjungan ini merupakan bagian dari kerja sama UB dengan Unwaha yang dimulai sejak semester ganjil 207/2018. “Pada saat itu belum ada MoU. Hanya MoU antar universitas, jadi antara UB dengan Unwaha. Antara FIB dengan Unwaha belum ada,” jelas Ketua Program Studi (Kaprodi) Pebasis FIB, Dr. Esti Junining M.Pd.

Tidak hanya di FIB, Unwaha juga mengirimkan para mahaiswanya ke 3 (tiga) fakultas lainnya, yaitu Fakultas MIPA di jurusan Biologi, Fisika, dan Matematika, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) di jurusan Ilmu Komputer, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di jurusan Manajemen. Sementara di FIB sendiri, Unwaha bekerja sama dengan Prodi Pebasis melalui Prodi PBI. Pada program ini, 4 mahasiswa PBI Unwaha mengikuti kegiatan pembelajaran (sit-in) pada mata kuliah Extensive Reading dan Public Speaking. Mereka mengikuti kelas-kelas tersebut selama satu bulan, mulai 5 Februari hingga 2 Maret 2018. Walaupun hanya satu bulan, perlakuan terhadap mereka sama dengan mahasiswa lainnya di kelas, yaitu mendapatkan penilaian dari aspek keaktifan dan tugas terstruktur.

 BU ESTI ISI 01

Pada hari Senin (5/Mar/2018), bertempat di ruang jamuan lantai 6 FIB UB Gedung A, dilaksanakan acara penyerahan kembali mahasiswa Unwaha. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Prodi PBI Unwaha, Ino Angga Putra, M.Pd, dan Ketua Prodi PBI Unwaha, Iin Baroroh, M.Pd. FIB UB diwakili oleh Esti Junining, M.Pd sebagai Ketua Prodi Pebasis FIB. Pada kesempatan ini pula kedua belah pihak memberikan cenderamata sebagai ucapan terima kasih.

 BU ESTI ISI 02

Kedepannya, kegiatan ini diharapkan menghasilkan kerja sama antara FIB UB dengan FIP Unwaha, khususnya Prodi Pebasis. “Setelah ditindaklanjuti dengan MoU antara FIB dengan FIP Unwaha, selain program sit-in, akan ada program visiting lecturers, kemudian joint research, dan joint publication dengan Unwaha yang merupakan kerjasama pengabdian. Nanti akan ada dosen sini yang akan diundang ke sana untuk pengajaran,” jelas Esti. Singkatnya, akan ada kerjasama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta kerja sama.