PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Studi Banding HIMAPRODI PBI UIN Sunan Ampel Surabaya ke HIMAPRODI Pebasis FIB UB

25-Mar-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

UINSA SBY

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) pada hari Sabtu (24/Mar/2018) mendapat kunjungan dari Himaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Acara ini merupakan agenda studi banding dari Himaprodi PBI UINSA yang bertujuan untuk menimba ilmu dan belajar dari Himaprodi tujuan untuk meningkatkan kualitas Himaprodi.

 Acara yang dilaksanakan di ruang 2.2 FIB Gedung B lantai 2 ini dibuka oleh Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, M.Pd. “Saya berharap akan ada kerja sama yang baik antara Himaprodi pebasis dan Himaprodi PBI UINSA. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk sharing, berbagi informasi, cerminan diri, bukan membandingkan ataupun berkompetisi,” ujarnya. Sambutan juga diberikan oleh ketua Himaprodi Pebasis FIB UB, Amin Said Harahap. “Semoga kegiatan ini bisa membawa pada kebaikan pada kedua himaprodi,” ujarnya. Kemudian dilanjutkan oleh ketua Himaprodi PBI UINSA, M. Fahri Faishol, “Terima kasih atas sambutannya yang luar biasa. Kami berharap apa yang kami dapat disini bisa kami aplikasikan di himaprodi kami.”

 UINSA SBY 02

Pada kesempatan ini pula masing-masing sie pada masing-masing Himaprodi memberikan pemaparan profil Himaprodi. Dari Himaprodi Pebasis FIB UB, ada divisi Admission, Finance, Talent Self Development, Social Service, Information Technology (IT), dan Human Resource Development. Sie Talent Self Development memaparkan kegiatan rutin mereka, yaitu latihan rutin badminton. Divisi IT menjelaskan tentang kegiatan yang mereka jalankan, misalnya memberikan informasi kegiatan ataupun berita lewat media sosial mereka, serta jasa instal operating system komputer.

 Berikutnya, Himaprodi PBI UINSA mempresentasikan tentang kegiatan di Himparodi mereka. Beberapa divisi juga diperkenalkan. Research Division misalnya, dimana di divisi ini memiliki kegiatan Seminar Class yang membahas tentang proposal skripsi untuk semester 8 ke atas. Ada juga Writing Class yang diadakan 1 bulan 2x pada minggu ke 2 dan 4. Pengisi kelas ini adalah senior dan alumni. Ada pula Skill and Talent Division yang memiliki grup tari tradisional dan modern, band, olah raga, dan paduan suara.

 Acara kemudian dilanjutkan Forum Group Discussion, dimana divisi-divisi serumpun di kedua himaprodi berkumpul untuk membahas dan bertukar pikiran tentang kegiatan-kegiatan yang ada di divisi mereka. Diskusi kelompok ini menghasilkan beberapa hal yang bisa diaplikasikan oleh kedua belah pihak untuk pelaksanaan program kerja masing-masing divisi.