PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Kunjungan Studi Banding Prodi Pebasis FIB UB ke Prodi PBI Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

07-Apr-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

SADAR 01

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan studi banding ke Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta (05/Mar/2018). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan akreditasi Pebasis FIB UB pada tahun 2020. “Kegiatan ini tidak hanya merupakan kegiatan studi banding dimana Pendidikan Bahasa Inggris UB berguru kepada PBI Sanata Dharma, tetapi juga inisiasi kerja sama antar kedua prodi yang sama-sama pendidikan bahasa Inggris,” kata Dr. Esti Junining, M.Pd, Ketua Program Studi Pebasis FIB. Pada tahun 2013, PBI USD Yogyakarta melakukan akreditasi program studi. Berdasarkan surat keputusan nomor 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, prodi PBI USD meraih akreditasi A.

Rombongan Pebasis UB disambut di kampus 2 USD Yogyakarta oleh Ketua Program Studi PBI USD Yohana Verinanda, Ph. D. Dalam kesempatan ini, prodi PBI USD berbagi tidak hanya informasi, tetapi juga program-program yang mereka miliki dan terapkan di prodi mereka. USD memiliki program Lecturers Community Service (LCS), dimana program pengabdian kepada masyarakat ini tidak hanya melibatkan dosen tetapi juga mahasiswa dari program sarjana dan pasca sarjana USD. Program ini setara dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa. Program LCS ini berskala Asia-Pasifik. “Tahun lalu dua orang dosen kami beserta dua orang mahasiswa program sarjana dan dua orang mahasiswa program pasca sarjana mengikuti program ini. Mereka melakukan KKN ke Thailand,” ujar Yohana.

 SADAR 02

Selain itu, ada hal berbeda yang mereka terapkan pada program skripsi. Ketika sebelumnya skripsii disupervisi oleh dua orang dosen pembimbing untuk masing-masing mahasiswa, saat ini hanya ada satu orang dosen pembimbing. Untuk menjamin kualitas skripsi, terdapat sistem desk evaluation. “Di dalam sistem ini, tiga orang dosen menjadi evaluator. Tiga orang dosen ini tidak diketahui oleh mahasiswa dan menjadi tim penilai apakah skripsi mahasiswa tersebut layak untuk disidangkan pada oral defense atau sidang skripsi,” ujar F. X. Ouda Teda Enaa, S.Pd, M.Pd, Ed. D, salah satu dosen PBI USD yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV USD.

Ada pula kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa yang dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya adalah kegiatan refleksi mahasiswa yang dilakukan mulai semester awal hingga semester 7. Mahasiswa diberikan buku kerja yang wajib mereka isi dalam satu semester. Tema-tema yang dimunculkan di setiap buku kerja berbeda-beda, dari kharisma pribadi hingga kemampuan pedagogis dan kesadaran sosial. Selain itu pula ada kegiatan tutorial dimana mahasiswa senior membantu mahasiswa junior untuk grammar dan pronunciation. “Para mahasiswa ini membimbing juniornya dalam bentuk tutorial. Pronunciation diberikan untuk mahasiswa semester satu dan dua, sementara grammar untuk mahasiswa semester satu hingga tiga,” kata Yohana. Mahasiswa tutor tidak hanya diberi apresiasi dalam bentuk honorarium, tetapi juga poin. “Kami memberlakukan istilah poin untuk pencapaian mahasiswa. Poin ini digunakan untuk mendaftar yudisium dan mereka harus memenuhi sepuluh poin,” lanjut Yohana. Poin tidak hanya diberikan pada prestasi akademis, tetapi juga prestasi non-akademis. “Semua kegiatan ini bermuara pada prestasi mahasiswa, tetapi juga pembentukan karakter mereka,” kata Yohana.