PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Praktikum Guided Speaking Memperkenalkan Pembuatan Video dan World Englishes

16-May-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

GUIDED SPEAKING 1

Pada hari Selasa (15/Mei/2018) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan kegiatan Praktikum mata kuliah Guided Speaking. Acara ini ddiselenggarakan di Aula lantai 2 Gedung FIB UB. mulai pukul 18.00. “Acara ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa Guided Speaking untuk projectnya membuat video”, jelas Devinta Puspita Ratri, M.Pd, dosen Pebasis yang juga mengajar mata kuliah Guided Speaking. Membuat video memang menjadi target luaran yang ingin dicapai oleh kegiatan praktikum ini sambil mempraktekkan kemampuan mahasiswa berbahasa Inggris.

GUIDED SPEAKING 2

Didik Hartono, S.S, M.Pd yang juga bertindak sebagai koordinator praktikum menjadi pemateri pada acara ini. Melalui presentasinya yang berjudul ‘Effective Public Speaking for EFL Learners’, Didik memberikan pembekalan tentang public speaking yang baik. Selain itu, disampaikan pula bagaimana nantinya membuat percakapan yang baik dalam video. Percakapan dalam bahasa Inggris ini bisa mengacu pada ide world Englishes. “World Englishes yang dimaksud adalah bahasa Inggris yang tidak harus bahasa Inggris US atau UK. Yang penting bahasa Inggris walaupun Inggris India ataupun Inggris Singapore,” ujarnya. Pada kesempatan yang sama diterangkan pula tentang good speech. “Good speech terdiri dari introduction, body, dan conclusion. Semuanya harus menarik audience, selain juga eye-contact yang bagus ke audience,” sambung Didik.

GUIDED SPEAKING 3

Pada bagian pembuatan video, disampaikan pula materi tentang bagaimana membuat video, mengambil sudut atau angle yang baik, dan bagaimana editing yang baik. “Angle yang baik, posisi kamera, serta good editing membantu menjadikan sebuah video menjadi bagus,” jelas Didik. Melalui kegiatan praktikum ini, diharapkan hasil akhir yaitu video bisa jadi pembelajaran untuk para junior di masa mendatang. (AG)