PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

English Language Education Undergraduate Conference (ELEUC) on English Language Teaching sebagai Praktikum Seminar on ELT

21-May-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

ELEUC

Sejumlah 127 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mempresentasikan makalah mereka untuk praktikum mata kuliah Seminar on ELT pada hari Sabtu (19/Mei/2018). Dikemas dalam bentuk seminar, acara ini diberi judul ‘English Language Education Undergraduate Conference (ELEUC) on English Language Teaching’. Tema yang diambil untuk acara ini adalah ‘Academic Platform of Student Researchers’. “Tujuan acara ini untuk memfasilitasi mahasiswa untuk belajar menjadi seorang presenter di ajang seminar yang sesungguhnya. Dan juga untuk menyalurkan ide-ide mahasiswa yang ada untuk melatih sih sebenarnya jadi mereka nanti tidak kaget ketika harus mempresentasikan karyanya yang paling jarak dekat adalah seminar proposal skripsi,” jelas Ika Puspitasari, S.S, M.Pd, dosen mata kuliah Seminar on ELT yang juga bertindak sebagai koordinator acara. Bersama Dr. Ive Emaliana, M.Pd yang juga mengajar kelas Seminar on ELT, ia memimpikan mahasiswa untuk siap mengikuti undergraduate seminar yang sesungguhnya.

Acara dibuka oleh Kaprodi Pebasis, Dr. Esti Junining, M.Pd. “Saya berharap langkah awal ini menjadi program tahunan yang mampu menyiapkan mahasiswa untuk menjadi presenter makalahnya sendiri.” Kata Esti pada pidato pembukaannya.

ELEUC 1

Sejumlah delapan dosen dilibatkan sebagai penguji untuk makalah para mahasiswa tersebut. Mereka adalah Agus Gozali, S.Pd, M.Li, Devinta Puspita Ratri, M.Pd, Dian Novita Dewi, S.Pd, M.Li, Frida Unsiah, M.Pd, Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, M.Pd, Irene Nany K, S.Hum, M.Li, Iswahyuni, M.Pd, dan Widya Caterina P, M.Pd. “Presentasinya individu tapi untuk pelaksanaannya mereka dilatih untuk semacam panel discussion,” jelas Ika. Setiap mahasiswa mempresentasikan makalah mereka dan penguji memberikan review pada makalah yang disajikan. Mahasiswa lain membantu menjadi moderator. “Jadi mahasiswa tidak hanya berlatih sebagai presenter tetapi juga berlatih sebagai moderator dan penyelenggara acara,” sambung Ika.

ELEUC 2

Sebagai bentuk langkah awal dari sebuah kegiatan, Ika berharap kegiatan ini menjadi sebuah agenda rutin dari Prodi Pebasis. “Kami punya impian yang besar untuk ini. Untuk skala kecilnya menjadi agenda tahunan khusus untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya UB. Tetapi kalau memungkinkan tahun depan sudah tidak hanya kita saja partisipannya, tapi sudah call for papers untuk undergraduate conference secara nasional dan kalau memungkinkan jadi ajang internasional,” kata Ika. (AG)