PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Pembekalan Program Pengenalan dan Pengelolaan Pembelajaran (P4) Prodi Pebasis

30-Jul-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

 Pembekalan PPL

Pada hari Senin (30/Juli/2018), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Pembekalan Program Pengenalan dan Pengelolaan Pembelajaran (P4). “Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberi pembekalan pada peserta P4 atau calon guru sebelum terjun ke sekolah,” jelas Devinta Puspita Ratri, M.Pd, dosen Prodi Pebasis yang juga bertindak sebagai ketua pelaksana P4 pada tahun ini.

Acara dibuka oleh Dr. Ive Emaliana, M.Pd, ketua prodi Pebasis. Ive berharap bahwa sebagai perwujudan visi dan misi prodi pebasis, FIB, dan juga UB, P4 diharapkan mampu memperkaya pengalaman mengajar mahasiswa yang diharapkan berguna bagi mereka setelah lulus nanti. “Pesan saya, manners maketh man, junjunglah tinggi perilaku yang baik untuk menjadi pribadi yang berkualitas,” kata Ive.

Pembekalan PPL 02

Bertindak sebagai pemateri pada acara ini adalah Sri Munihati, M.Pd, guru SMP Negeri 10 Malang yang juga menjadi instruktur nasional. Ada 3 hal yang disampaikan oleh pemateri, yaitu tentang kurikulum, perangkat pembelajaran, dan etika profesi guru. “Sudah ada 10 kurikulum di Indonesia sejak bangsa ini merdeka sampai sekarang. Yang terbaru adalah kurikulum 2013, K13 revisi, dan UKBM,” jelas Sri. Pada kesempatan ini pula disampaikan bagaimana menyusun Recana Pekan Efektif, Program Semester, Program Tahunan, Silabus, Rencana Program Pembelajaran (RPP), serta rubrik penilaian.

Program P4 diikuti oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya semester 7. Sejumlah 99 mahasiswa prodi Pebasis mengikuti program ini dan akan mengajar selama 6 minggu, mulai dari tanggal 13 Agustus 2018 hingga 21 September 2018, di SMP, SMA, dan SMK di kotamadya Malang, kabupaten Malang, dan kota Batu. (AG)