PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Agus Gozali, S.Pd, M.Li sebagai Pemateri pada Amazing Summer Camp 2018 IO-UB

10-Sep-2018 Pendidikan Inggris Berita, Dosen

PPC_3920

Bahasa adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menjembatani pertukaran informasi dan gagasan. Komunikasi tersebut akan terganggu ataupun gagal jika kedua pihak tidak memahami gagasan yang dimaksud karena kendala bahasa. Hal ini bisa juga terjadi di sekitar kita, misalnya jika mahasiswa asing kesulitan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia sementara bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang kita gunakan. Menyadari hal tersebut, International Office (IO) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan acara Amazing Summer Camp Universitas Brawijaya 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 8 September 2018 bertempat di desa Poncokusumo.

Salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis), Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB, Agus Gozali, S.Pd, M.Li, ditunjuk untuk menjadi pemateri pada acara tersebut dengan mengangkat tema Bahasa Indonesia for Basic Survival. “Saya memilih tema basic survival karena banyak dari mereka yang belum bisa berbahasa Indonesia. Padahal mereka setiap hari pasti menemui banyak orang dengan menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa pengantar yang saya gunakan yaitu bahasa Inggris, tetapi parahnya ada yang bahasa Inggrisnya kurang bagus,” jelas Agus.

Kelas bahasa Indonesia ini dilaksanakan selama dua hari. Pada sesi pertama, yaitu tanggal 6 September, dilaksanakan di balai desa Poncokusumo. Para peserta diperkenalkan dengan beberapa istilah yang dipakai sebagai percakapan dasar, yaitu salam, perkenalan, dan menutup percakapan. “Memang hanya topik itu yang bisa diperkenalkan karena waktunya teramat singkat,” kata Agus. Diharapkan pula setelah melakukan latihan singkat, mereka mampu berkomunikasi dengan keluarga tempat mereka menginap selama acara. Keesekan harinya (7/Sep/2018), acara dilanjutkan di Ledok Ombo, Poncokusumo. Ini merupakan kegiatan lanjutan dari acara sehari sebelumnya. Para peserta lebih banyak diarahkan pada kegiatan interaktif dengan sesama peserta. “Agar peserta terpacu untuk lebih banyak memakai bahasa Indonesia walaupun mereka bisa berbahasa Inggris.

_ERI0321

Amazing Summer Camp Universitas Brawijaya 2018 merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan IO-UB. “Acara ini bertujuan untuk pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia bagi mahasiswa asing. Ke desa adalah salah satu rangkaian acaranya,” jelas Irwan Rahadi, SAB, staf IO-UB. Acara ini direncanakan diadakan setiap tahun. (AG)