PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Kirab Pataka Budaya 2018 Dies Natalis FIB-UB ke 9

28-Sep-2018 Pendidikan Inggris Berita, Dosen, Kegiatan

INDIAN DAY 01

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) merayakan Dies Natalis ke 9 dengan mengangkat tema “Memperkuat Identitas Kultural di Era Milenial”. Salah satu rangkaian acara ini adalah Kirab Pataka Budaya yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2018. Kirab ini adalah semacam parade budaya yang mengusung pakaian dan juga adat dari budaya yang dipilih. Masing-masing program studi diminta untuk menampilkan budaya yang sesuai dengan nama program studi.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) FIB-UB memilih tema Apache sebagai tema kostum kirab. Apache merupakan nama kolektif untuk sejumlah masyarakat budaya di Amerika Utara, yang bertutur bahasa Inggris yang sama. “Kami memilih menampilkan budaya Apache dengan menggunakan busana dan atributnya sebagai penghargaan terhadap budaya,” jelas Dr. Ive Emaliana, M.Pd, Ketua Prodi Pebasis.

Sejumlah dosen dibantu mahasiswa terlibat dalam kirab tersebut. Mereka semua memakai kostum Indian Apache, mulai dari pakaian hingga Warbonet, yaitu hiasan kepala yang dipakai oleh kepala suku Indian yang memiliki makna spiritual tinggi bagi suku Indian. “Warbonet dipercaya masyarakat sebagai simbol kepercayaan, penghargaan, kekuatan, kebijaksanaan, dan kebebasan,” kata Ive. Sebagai ketua prodi, Ive juga memakai warbonet bersama dua dosen lain, yaitu Dr. Sugeng Susilo Adi, M.Hum dan Didik Hartono, S.S, M.Pd. Tidak ketinggalan pula lukisan di wajah yang khas merepresentasikan suku Indian.

Kerja keras dari kolaborasi dosen dan mahasiswa ini tidak sia-sia. Pada akhir acara, diumumkan tiga kostum terbaik tanpa peringkat sesuai dengan kriteria juri. Prodi Pebasis menjadi salah satu yang terpilih bersama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Seni Rupa Murni. (AG)