PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Pelaksanaan Audit Internal Mutu Prodi Pebasis

11-Oct-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

 WhatsApp Image 2018-10-10 at 10.47.23(1)

Bertempat di ruang jamuan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Gedung A lantai 6, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) melaksanakan Audit Internal Mutu (AIM) pada hari Rabu (10/Okt/2018). Audit Internal Mutu (AIM) adalah pemeriksaan sistematik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di Universitas Brawijaya (UB). AIM di UB dilakukan untuk memeriksa kesesuaian antara standar mutu yang ditetapkan, dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik, Keuangan dan Administrasi dengan pelaksanaannya oleh unit kerja di UB. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan.

Audit Mutu Internal dilakukan oleh auditor yang terlatih dan dikelola oleh Komisi Audit (KA) terpusat pada tingkat Universitas di bawah Badan Penjaminan Mutu. Tim AMI terdiri dari beberapa orang auditor untuk melaksanakan tugas audit sebuah unit atau program studi pada rentang waktu tertentu. Untuk mewujudkan obyektivitas, audit unit atau program studi/bagian tidak dilakukan oleh auditor yang berasal dari unit/program studi yang sama dengan asal auditor, melainkan akan dilakukan secara silang oleh auditor yang berasal dari latar belakang akademis yang agak bersamaan tetapi berasal dari program studi yang berbeda. Bertindak sebagai auditor untuk prodi Pebasis adalah Dr. Indah Winarni, M.A. dari prodi Sastra Inggris dan Ulfah Sutiyarti, M.Pd dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

WhatsApp Image 2018-10-10 at 10.47.25

Pada audit ini, Prodi Pebasis diketuai oleh Dr. Ive Emaliana, M.Pd selaku ketua Prodi dan didamping oleh perwakilan prodi, yaitu Agus Gozali, S.Pd, M.Li, Ika Puspitasari, M.Pd, dan Devinta Puspita Ratri, M.Pd. Alies Poetri Lintangsari, S.S, M.Li yang juga terlibat dalam tim tidak hadir karena harus menghadiri konferensi sebagai pembicara. Hasil audit kemudian direvisi untuk kemudian dipertanggung jawabkan sesuai batas waktu yang diberikan. (AG)