PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Keikutsertaan Dosen Pebasis dalam 4th International Conference on English across Cultures (ICEAC) 2018 di Bali

22-Oct-2018 Pendidikan Inggris Berita, Dosen

iceac2018

Untuk keempat kalinya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali mengadakan International Conference on English across Cultures (ICEAC) pada tanggal 19-20 Oktober 2018. Acara dua tahunan yang diadakan sejak 2011 ini mengambil tema English Across Cultures. Beberapa pembicara utama dari berbagai universitas dan institusi bahasa mengisi sesi plenary pada acara ini.

Beberapa dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) turut pula menjadi pembicara pada seminar ini. Tercatat empat makalah yang disajikan dalam seminar ini. Makalah pertama dipresentasikan oleh Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, M.Pd dan Ismarita Ida Rahmiati, M.Pd dengan judul The Effectiveness of Argument-Mapping Method on Students’ Writing Performance across Different Abilities. Penelitian ini mengambil mahasiswa kelas writing sebagai subyek. Makalah kedua berjudul Study on the Local Wisdom of Springs for Teaching English to Young Learners ditulis oleh Dian Novita Dewi, S.Pd, M.Li, Alies Poetri Lintangsari, S.S, M.Li, dan Irene Nany Kusumawardani, S.S, M.Li. Makalah ketiga dengan judul A Study of Alumni Feedback on Pedagogical Curriculum Evaluation oleh Devinta Puspita Ratri, M.Pd, Dian Novita Dewi, S.Pd, M.Li, dan Yulia Hapsari, M.Pd. Penelitian ini mengumpulkan pendapat alumni tentang kurikulum prodi Pebasis. Makalah keempat dengan judul Exploring EFL Students’ Epistemic Beliefs, Metacognitive Awareness, Clasroom Anxiety in relation to English Achievement oleh Dr. Ive Emaliana, M.Pd, Agus Gozali, S.Pd, M.Li, dan Devinta Puspita Ratri, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara kepercayaan epistemic, strategi metakognitif, dan kecemasan mahasiswa terhadap hasil belajar. Mahasiswa dari berbagai program studi di UB menjadi subyek penelitian ini.

Dr. Ive Emaliana, M.Pd selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Pebasis sangat menyambut baik keikutsertaan para dosen Pebasis dalam konferensi. “Keikutsertaan dosen pada conference seperti ini tidak hanya berguna bagi dosen untuk meningkatkan kualitas diri, tetapi juga meningkatkan kredit prodi yang tentunya berguna untuk akreditasi,” jelasnya. (AG)