PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

LLTC 2018 at Universitas Sanata Darma Jogjakarta

02-Dec-2018 Pendidikan Inggris Berita, Dosen, Kegiatan

IMG-20181130-WA0009

Untuk kelima kalinya Universitas Sanata Darma Jogjakarta (USD) mengadakan International Language and Language Teaching Conference (LLTC). Pada tahun ini, LLTC mengusung tema Issues in Language and Language Teaching. Acara yang berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember 2018 ini menghadirkan empat pembicara utama, yaitu Soepomo Poedjosoedarmo (Universitas Sanata Darma), Hayo Reinders (Anaheim University, USA), John Macalister (Victoria University of Wellington, New Zealand), dan Iwan Syahril (Sampoerna University, Indonesia).

Enam orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Pebasis) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) turut berpartisipasi dalam acara ini sebagai pemateri. Devinta Puspita Ratri, M.Pd dan Ika Puspitasari, M.Pd mempresentasikan hasil penelitian berjudul The Teaching of English for Elementary School Students with Local-content Values.  Penelitian ini berisi tentang pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD di kota Batu yang didasarkan pada budaya lokal.

Sedangkan Frida Unsiah, M.Pd, Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, M.Pd, Dr, Hasbullah Isnaini, M.Pd, dan Irene Nany Kusumawardani, M.Li mempresentasikan hasil penelitian dengan judul Android Application “Guru Grammar” to Learn English Grammar Integrated with Character Building ‘Anti-Coruption”. Penelitian pengembangan ini merupakan tahap tahun pertama, yaitu analisa kebutuhan (needs analysis) dan spesifikasi produk. “Hasil dari analisa kebutuhan menyatakan bahwa mahasiswa masih kesulitan dalam menggunakan English tenses secara akurat dan kontekstual, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran English tenses yang menyajikan materi secara aplikatif dan kontekstual yaitu terintegrasi dengan pendidikan karakter anti korupsi,” jelas Frida. Dengan demikian pengembang menetapkan spesifikasi produk yang dikembangkan yaitu aplikasi android berupa English tenses yang terdiri dari teori, latihan soal, dan test. Dalam tahap ini pengembang juga telah menyusun materi English tenses yang terintegrasi dengan pendidikan karakter anti korupsi. (AG)