PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Devinta Puspita Ratri, M.Pd

22-Sep-2017 Pendidikan Inggris Dosen

Devinta Puspita Ratri, M.Pd

Identitas Diri

 

  1. Identitas Diri Ketua Peneliti
1 Nama Lengkap  Devinta Puspita Ratri, M.Pd
2 Jabatan Fungsional
3 Jabatan Struktural
4 NIK  2012018605072001
5 NIDN  0007058604
6 Tempat dan Tanggal Lahir  Malang, 7 Mei 1986
7 Alamat Rumah  Jl. Teluk Cendrawasih 67 Arjosari Malang 65126
9 Nomor Telepon/Faks/ HP  082139649867
10 Alamat Kantor  Jl. Veteran
11 Nomor Telepon/Faks  0341 575875/ 0341 575822
12 Alamat e-mail  devinta@ub.ac.id
13 Lulusan yang Telah Dihasilkan  S-1= 25orang
14. Mata Kuliah yang diampu
  1. Guided Speaking
  1. Paragraph Writing
  1. Thesis Proposal Seminar
  1. Language Teaching Methodology

 

  1. Riwayat Pendidikan
S-1 S-2 S-3
Nama Perguruan Tinggi  Universitas Negeri Malang  Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu  Pendidikan Bahasa Inggris  Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Masuk-Lulus  2004-2008  2009-2011
Judul Skripsi/Thesis/Disertasi  The Implementation of speaking environment at MAN 3 Malang dormitory  Using  POD English Movie to Improve the Speaking Skill of the First Semester Students of English Department Brawijaya University
Nama Pembimbing/Promotor  Drs. Murdibjono, M.Pd  Prof. Dra. Utami Widiati, M. A., Ph.D

 

  1. Pengalaman Penelitian dalam 5 tahun terakhir
(Bukan Skripsi, Tesis, maupun Disertasi)

Pendanaan
No. Tahun Judul Penelitian
Sumber * Jml (Juta Rp)
1 2013

 

Applying Hedwig Strategy to Content Subject in Large Language Class

 

 Mandiri  Rp4.545.000
2 2014

 

Developing Test for Experimental Study: The Effectiveness of Hedwig Strategy In English Education Department Universitas Brawijaya

 

 DPP/SPP  Rp6.000.000
3 2016 Academic and Academic Support Perception on the Need of English at Universitas Brawijaya  DPP/SPP  Rp7.500.000
4 2017 Experimental Study: the Effectiveness of Hedwig Strategy in English Language Education Program Universitas Brawijaya

 

 DPP/SPP  Rp7.500.000
5
Dst.

Tuliskan sumber pendanaan: PDM, SKW, Pemula, Fundamental, Hibah Bersaing, Hibah Pekerti,
Hibah Pascasarjana, Hikom, Stranas, Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional, RAPID,
Unggulan Stranas, MP3I, LPDP atau sumber lainnya.

 

 

  1. Pengalaman Pengabdian Masyarakat 5 tahun terakhir
No. Tahun Pendanaan
Judul Pengabdian kepada Masyarakat Sumber * Jml (Juta Rp)
1 2013 Pendampingan pembelajaran bahasa Inggris bagi peserta didik program Kejar Paket A,B, dan C Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kotamadya Malang DPP/SPP Rp. 5.000.000,-
2 2014 Pelatihan pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini bagi orang tua murid dan guru TK Assalaam Arjosari Malang menggunakan media dongeng, flashcards, dan lagu DPP/SPP Rp. 5.000.000,-
3 2015 Pelatihan pembuatan media berbasis teknologi bagi guru TK Assalaam Arjosari Malang motovasi DPP/SPP Rp. 5.000.000,-
4 2016 Pelatihan teacher talk di TK Assalaam Arjosari Malang MANDIRI Rp. 5.000.000,-

Tuliskan sumber pendanaan: Penerapan IPTEKS-SOSBUD, Vucer, Vucer Multitahun, UJI,
Sibermas, atau sumber lainnya.

 

  1. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 tahun terakhir
Volume/
Nomor/Tahun
No. Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal
1 Extensive Listening: Let Students Experience Learning by Optimizing the use of Authentic Materials Vol. 14/ No.2/ Oktober 2014 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia
2 Developing test for experimental study: The effectiveness of Hedwig strategy for the 4th semester students in English Education Department Universitas Brawijaya Vol. 2/ No.1/ June 2016  Journal of English Language and Education
3 The Need of English at Higher Education Vol. 3/ No. 1/ January 2017 Indonesian EFL Journal

 

  1. Pengalaman Penyampaian Makalah secara Oral pada Pertemuan/Seminar Ilmiah
    dalam 5 tahun terakhir
Nama Pertemuan
Ilmiah / Seminar
Waktu dan
Tempat
No. Judul Artikel Ilmiah
1 International TEFL conference “Current belief in ELT and its implication in English classrooms” Triggering Students Critical Thinking and Active Participation

in  Large Language Class

 

18 Mei 2013

Universitas Sebelas Maret Surakarta

2 Forum Ilmiah IX (Seminar dan Lokakarya Internasional Bahasa, Sastra, Seni dan Pembelajarannya) Extensive Listening: Let Students Experience Learning by Optimizing the use of Authentic Materials 21 November 2013

Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

3 The 11th JETA international conference and the 1st international English language teaching conference Applying Hedwig Strategy In Teaching English As A Foreign Language Class In Universitas Brawijaya

 

19 Juni 2014

Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

4 Language and language teaching international conference Experimental Study: The Effectiveness of Hedwig Strategy in Content Subject in Large Language Class

 

20 Juni 2014

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

5 The 61TEFLIN International Conference 2014 “English Language Curriculum Development: Implications for Innovations in Language Policy and Planning, Pedagogical Practices, and Teacher Professional Development” Needs Analysis for Operators of Petrochemical Companies Studying at English Training Center, Bontang, East Kalimantan.

 

7-9 October 2014

LOR IN Hotel and Spa
Jalan Adi Sucipto No. 47 Solo 57135,
Central Java

6 The 62 TEFLIN International Conference “Teaching and assessing L2 learners in the 21st Century” 21st Century Language and Communication Skills: Intercultural English Teaching 14-16 September 2015

Sanur Paradise Hotel, Denpasar