PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Evaluasi dan Pengembangan RPS, Bahan Ajar, dan Assessment

02-Feb-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan

Kegiatan pembelajaran yang memuaskan berawal dari persiapan yang matang. Persiapan mengajar tidak hanya berupa rencana pengajaran, tetapi juga materi ajar dan evaluasi hasil belajar. Sebagai salah satu usaha persiapan menghadapi tahun ajaran baru, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya UB mengadakan acara Forum Group Discussion (FGD) pada hari kamis (1/2) yang dihadiri oleh seluruh dosen pengajar di program studi tersebut. “Ini adalah bentuk tanggung jawab kami kepada mahasiswa untuk merumuskan RPS, materi ajar, dan assessment yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku,” ujar Dian Novita Dewi, S.Pd, M.Li selaku ketua pelaksana acara.

Pada acara yang bertajuk ‘Evaluasi dan Pengembangan RPS, Bahan Ajar, dan Assessment’ ini dibahas tentang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk semester genap 2017/2018 di lingkungan prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Sebagai pembahasan pertama, disepakati bentuk dan format RPS. Pembahasan kedua adalah tentang materi ajar yang akan digunakan. Pada bagian ini, para dosen sesuai rumpun mata kuliah bersama-sama memilih, memilah, dan menyesuaikan materi ajar yang sesuai dengan RPS. Pada bagian terakhir, para peserta membahas model evaluasi hasil belajar (assessment) yang sesuai untuk mengukur kemampuan mahasiswa berdasarkan materi yang telah disusun.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Esti Junining, M.Pd, menyambut baik acara ini. “Semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat kepada kemajuan dan kualitas prodi,” pungkasnya saat menutup acara FGD ini.

IMG_9511