PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Ive: RPS Harus Sudah Dibuat Sebelum Perkuliahan

02-Feb-2018 Pendidikan Inggris Berita, Kegiatan
Dr. Ive Emaliana, M.Pd

Dr. Ive Emaliana, M.Pd

Pada pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Pengembangan RPS, Bahan Ajar, dan Assessment oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya, Kamis, (1/2) lalu, terdapat satu sesi presentasi tentang Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dr. Ive Emaliana, M.Pd bertindak sebagai pembicara pada sesi tersebut. Sesi ini bertujuan untuk berbagi informasi tentang pembuatan RPS dengan menggunakan template yang telah disepakati.

Keberadaan RPS sebagai salah satu perangkat mengajar menjadi penting adanya. “RPS merupakan salah satu bentuk transparansi dosen kepada mahasiswa tentang bagaimana perkuliahan berlangsung, mendapatkan gambaran kegiatan pembelajaran, dan mengetahui sistem dan tipe evaluasi pembelajarannya”, jelas Ive. Selain itu, RPS juga harus memenuhi komponen-komponen yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi tgl 9 Juni 2014.

Selain itu, RPS merupakan produk yang seharusnya sudah ada sebelum perkuliahan dilaksanakan. “RPS harus sudah dibuat sebelum perkuliahan dimulai dengan mempertimbangkan analisis instruksional dan metode instruksional dan evaluasi yang dilakukan tim dosen,” sambung Ive.