PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Jaminan Mutu

Pendidikan Inggris

Penjaminan mutu di PSPBIng dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) Program Pendidikan Bahasa yang terdiri dari seorang ketua, sekretaris, dan anggota. Penjaminan mutu bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana proses pendidikan yang dilakukan di PS sesuai dengan pedoman dan SOP yang telah ditetapkan. Manifestasi dari proses tersebut adalah adanya teaching team pada mata kuliah yang serumpun. Tim ini dibentuk untuk menyamakan tujuan dan orientasi pembelajaran pada mata kuliah tersebut.

Dosen yang tergabung dalam tim pengajar akan berdiskusi di awal semester untuk membicarakan RPKPS, bahan ajar, dan soal ujian tengah dan akhir semester. Pada pertengahan dan akhir proses perkuliahan, UJM akan melakukan evaluasi terhadap proses perkuliahan guna memastikan bahwa perkuliahan berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang telah dirancang pada RPKPS. Tim UJM dan KPS juga melakukan validasi soal yang bertujuan untuk menjamin bahwa soal ujian tengah dan akhir semester telah sesuai dengan tujuan instruksional pada setiap mata kuliah.

Bentuk lain penjaminan mutu di PSPBIng adalah pada evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan akademis, seperti PPL, KKN, Seminar Proposal (Sempro) Skripsi, dan Seminar Hasil (Semhas) Skripsi guna memastikan semua aktivitas akademik tersebut berjalan sesuai dengan aturan dan SOP yang berlaku. Dalam SOP Sempro, misalnya, dijelaskan bahwa tahapan pelaksanaan kegiatan Sempro meliputi persiapan mahasiswa, pendaftaran Sempro, pelaksanaan Sempro, dan penyerahan nilai. Pada tahap persiapan, mahasiswa mengunduh dan melengkapi formulir pendaftaran Sempro dengan melakukan konfirmasi jadwal Pembimbing dan menyerahkan berkas ke pembimbing guna mendapat persetujuan.

Setelah tahapan ini selesai, tahap selanjutnya adalah mahasiswa mendaftar dan mengambil formulir penilaian Sempro guna diserahkan ke bagian Akademik untuk diolah. Setelah data tersebut diolah, mahasiswa menyiapkan dan melaksanakan Sempro berdasarkan tanggal yang telah ditetapkan. Selesai pelaksanaan Sempro, dosen pembimbing menyerahkan nilai Sempro ke bagian Akademik dan mengisi buku penyerahan nilai Sempro. Adapun tugas tim UJM dalam hal ini adalah melakukan evaluasi berkala guna memastikan bahwa semua prosedur diatas berjalan sebagaimana mestinya.