PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 December 2014 , oleh Pendidikan Inggris

PSPBIng menggunakan sistem informasi berbasis komputer secara bersama-sama dengan program studi lain di FIB-UB. Saat ini, FIB-UB sedang mempersiapkan pengembangan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT), sejalan mengikuti langkah dan tahapan serupa di tingkat Universitas Brawijaya.FIB-UB telah memiliki perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta staf yang ditugaskan khusus untuk mengelola sistem.

 

PSPBIng FIB-UB menggunakan software berbasis Operating System berlisensi seperti Microsoft Windows dan MacOS X Maverick untuk menunjang proses pembelajaran. Penggunaan Microsoft Corporate di PSPBIng FIB-UB merupakan hasil kerja sama UB dengan Microsoft sebagai corporate penyedia software.

 

Ketersediaan sarana ini merupakan langkah faktual yang membuktikan komitmen FIB-UB untuk membangun PDPT dan menyempurnakan sistem informasi, serta menggunakannya sebagai pusat pengolahan data penunjang pengambilan keputusan (Decision Support System). Dengan ketersediaan perangkat keras, perangkat lunak serta staf yang kompeten, saat ini sistem informasi di PSPBIng mampu menunjang proses pembelajaran dan administrasi.

 

Setiap civitas akademika PSPBIng terhubung dengan sistem informasi terpadu yang disebut Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Di dalam SIAKAD, terdapat beberapa sistem yang dikembangkan untuk fungsi-fungsi tertentu dan melayani user dengan tujuan khusus Uraian singkat tentang sistem informasi yang ada dalam SIAKAD adalah sebagai berikut.

  1. Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Dengan layanan ini, mahasiswa dapat mengakses informasi seputar catatan akademik selama proses perkuliahan. Mahasiswa mengakses sistem ini untuk pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), mendapatkan Kartu Hasil Studi (KHS), serta untuk mendapatkan informasi kelas dan dosen dan jadwal kuliah serta ujian.
  2. Sistem Registrasi (SIREGI). Melalui sistem ini, operator bagian akademik dan bagian keuangan memperbaharui informasi seputar pelaksanaan registrasi mahasiswa. Mahasiswa sendiri dapat melakukan registrasi akademik setiap semester secara online Real Time system dari seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena saat ini UB telah bekerja sama dengan melalui Bank BTN dan Bank Mandiri.
  3. Sistem Wisuda (SIUDA). Sistem ini digunakan oleh operator akademik di setiap fakultas untuk mendaftarkan para peserta wisuda di setiap periode yang telah dijadwalkan. Selain untuk membantu kelancaran administrasi persiapan wisuda, sistem ini bermanfaat bagi staf UB untuk mendata para alumni UB.
  4. Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Online (SIMPEL). Sebagai bagian dari Decision Support System (DSS), pengembangan sistem ini ditujukan untuk memberikan laporan keuangan dan akademik terintegrasi kepada pejabat di tingkat fakultas dan UB. Sebagai fakultas termuda di UB sejak tahun 2009 FIB-UB secara aktif telah menggunakan program ini dengan maksud untuk mengintegrasikan layanan pendidikan yang terstandarisasi.

 

Seluruh sistem ini terkoneksi satu sama lain melalui domain UB www.ub.ac.id. Untuk mengakses dan menggunakan fasilitas ini, seluruh civitas akademika UB, termasuk mahasiswa dan dosen Prodi PSPBIng mendapatkan personal username dan password. Penerapan teknologi informasi ini terbukti mampu mengakselerasi proses belajar mengajar di FIB-UB. Hingga bulan Mei 2014 semua dosen tetap FIB-UB telah memiliki official blog/personal website yang tercakup dalam domain www.ub.ac.id. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengakses informasi dan mengunduh materi perkuliahan melalui blog masing-masing dosen.

 

Pengelolaan kepegawaian di PSPBIng FIB-UB dilakukan secara terpusat di tingkat Fakultas. FIB-UB menggunakan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) yang dikembangkan oleh UB. Khusus untuk mengevaluasi dosen, UB mengembangkan Sistem Informasi Akademik Dosen (SIADO).Untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan Tridharma PT dosen, Bagian Kepegawaian FIB-UB mengelola data untuk dimasukkan dalam Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen (SIPKD). Kemudian, secara terpusat data dikelola oleh Bagian Kepegawaian UB dan dilaporkan secara periodik ke Dikti.

 

Kegiatan pelaporan inventaris sarana dan prasarana di PSPBIng dilaksanakan secara terpusat di tingkat Fakultas dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN). Bagian Tata Usaha dan Perlengkapan FIB-UB secara periodik melaporkan pengelolaan barang inventaris milik negara yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di FIB-UB. Aplikasi SIMAK BMN ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementrian Keuangan Republik Indonesia.Penggunaan aplikasi ini menunjukkan upaya FIB-UB untuk mengintegrasikan sistem dan penjaminan akuntabilitas pengelolaan barang investaris milik negara.

 

Pelaporan keuangan PSPBIng dilakukan secara terpusat di tingkat Fakultas. Saat ini, FIB-UB sedang mengembangkan sistem informasi keuangan yang akan bermanfaat untuk menunjang pengambilan keputusan internal organisasi. Sistem ini juga akan mampu meningkatkan kualitas layanan keuangan, serta mengurangi keterlambatan penyusunan laporan pertanggungjawaban ke Rektorat UB.

 

Implementasi sistem berbasis web ini sangat menunjang program e-learning (program pembelajaran jarak jauh) dan pelaksanaan ujian atau quiz berbasis internet di PSPBIng. Penyediaan fasilitas pendidikan berbasis internet ini memudahkan mahasiswa PSPBIng mengembangkan kemampuan akademik (hardskill) dan karakter diri (softskill). Mahasiswa dengan mudah dapat mengakses dan mengunduh berbagai e-book dan artikel dari beragam jurnal ilmiah bertaraf internasional. Saat ini, Perpustakaan Pusat UB berlangganan e-journal berkualitas seperti Proquest, EBSCO, GALE, Westlaw, Free Sampoerna E-Book, AMA Books, Global Professional E-Books.