PS Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Identitas Program Studi

Pendidikan Inggris
Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya
Fakultas : Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan : Pendidikan Bahasa
Kode Program Studi : 88303
Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Nomor SK pendirian PS : 313/SK/2011
Tanggal Berdiri : 17 Oktober 2014
SK Izin Operasional : 595/E/O/2014
Tanggal SK Operasional : 17 Oktober 2014
Nomor SK BAN-PT : 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : B
Rasio Dosen : Mahasiswa : 00:01
 
Alamat : Jl. Veteran Malang
Kode Pos :  
Telepon : 0341 – 575875
Faximile : 0341 – 575822
Email : pebasis_fib@ub.ac.id
Website : fib.ub.ac.id/PendidikanInggris/
 
Gelar Lulusan : Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Deskripsi :  
Visi : Menuju program studi unggul yang berstandar internasional melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan bahasa Inggris.
Misi : A. Menyelenggarakan pengelolaan PSPBIng yang mengedepankan nilai transparansi, akuntabilitas, dan memberikan layanan prima kepada stakeholders.
B. Menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum, sarana prasarana, dan sistem pembelajaran yang adaptif dengan perubahan guna menghasilkan lulusan berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme, kejujuran, kreativitas, dan integritas.
C. Menyelenggarakan penelitian yang mengedepankan profesionalisme, kejujuran, kreativitas, dan keterbukaan yang berkontribusi terhadap pembaharuan teori dan praktek pembelajaran bahasa Inggris.
D. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan implementasi penelitian yang mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat luas dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris.
Kompetensi Program Studi : kompetensi utama
    A. memecahkan masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam lingkup sederhana dengan menerapkan teori, pendekatan, konsep, atau prinsip yang berkaitan dengan desain dan model pembelajaran bahasa, kebahasaan, kesastraan, belajar, dan pembelajaran bahasa sebagai alat identifikasi dan analisis.
    B. menghasilkan simpulan terhadap masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dengan tepat berdasarkan hasil identifikasi dan analisis.
    C. menyajikan beberapa pilihan pemecahan masalah di bidang belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing berdasarkan identifikasi dan analisis sederhana.
    D. merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi, serta melakukan perbaikan belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing baik untuk tujuan umum maupun khusus berdasarkan identifikasi dan analisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan.
    E. mendesiminasikan hasil kajian terhadap masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam bentuk laporan ilmiah atau kertas kerja.
    F. bertanggung jawab pada pekerjaan sebagai guru muda secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja lembaga/institusi dengan dilandasi oleh sikap, perilaku yang diwarnai oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia srta memiliki motivasi untuk berbuat baik bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
     
    kompetensi ketrampilan berbahasa
    A. terampil menuangkan ide dalam bentuk tulisan berbahasa inggris dengan memperhatikan kaidah bahasa inggris
    B. terampil menyimak berbagai informasi berbahasa inggris dalam berbagai media.
    C. terampil membaca efektif teks fiksi dan nonfiksi.
    E. terampil menggunakan bahasa inggris sebagai media komunikasi interaktif untuk membina hubungan sosial.
   
    kompetensi keilmuan
    A. memiliki pengetahuan tentang ilmu bahasa terapan.
    B. memiliki pengetahuan tentang karya sastra sebagai sebuah entitas, produk sosial, budaya dan politik.
    C. memiliki pengetahuan tentang teori pendidikan bahasa, sastra dan budaya.
    D. memahami prinsip-prinsip dasar suatu penelitian ilmiah di bidang pendidikan bahasa, sastra dan budaya.
   
    kompetensi kehidupan bermasyarakat
    A. mampu membaca fenomena sosial dan menawarkan solusi atas permasalahan yang ada.
    B. mampu melakukan negoisasi secara efektif dengan pelbagai pihak dalam usaha mengembangkan kehidupan kemasyarakatan yang lebih humanis.
    C. mampu memberdayakan kearifan lokal dalam kehidupan budaya global.
   
    kompetensi pendukung
    A. menguasai minimal salah satu bahasa asing selain bahasa inggris.
B. memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.
C. memiliki kemampuan dasar dalam bidang: pengajaran bahasa inggris, kepariwisataan, penulisan kreatif, kepenyiaran, dunia usaha, teknologi informasi dan komunikasi, serta seni pertunjukan.
Capaian Pembelajaran : Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Strata Sarjana (S1) diproyeksikan untuk menjadi pengajar bahasa Inggris dan pengembang program pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat pemula yang wajib menguasai: teori, konsep, dan prinsip tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik, serta pembimbingan dan pengembangan potensi peserta didik; menguasai teori, pendekatan, konsep, dan prinsip pengembangan program pembelajaran, penyajian/delivery, pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik; menguasai berbagai teori, konsep, dan prinsip kebahasaan, kesastraan/literasi, dan belajar bahasa serta menerapkannya dalam pembelajaran bahasa Inggris yang baik untuk tujuan umum maupun khusus; menguasai kemahiran berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat pre-advanced.