PS Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 25 September 2017 , oleh Pendidikan Jepang , pada kategori Berita

Kumamoto University Short-term Exchange Program 2016-2017 adalah program kerjasama antara Universitas Brawijaya dan Universitas Kumamoto dengan beasiswa yang diberikan oleh JASSO. Pada tahun 2016 lalu Universitas Brawijaya berhasil mengirimkan empat orang mahasiswinya untuk mempelajari bahasa Jepang dan budayanya lebih mendalam secara langsung di negeri sakura. Bertempat di Kumamoto, kota yang nyaman dan ramah lingkungannya, kami berempat menjalani kegiatan belajar mengajar yang begitu menarik dan berkesempatan untuk ikut serta di berbagai event yang baik diselenggarakan oleh universitas maupun di luar universitas.
Program yang kami ikuti mewajibkan kami untuk mengambil 20 sks dalam setahunnya. Kami belajar bersama mahasiswa internasional lainnya di dalam satu kelas yang sama. Banyak diantaranya mahasiswa yang datang dari negeri bambu China, Thailand, Korea Selatan, Taiwan, dan Turki. Kesehariannya kami dipersatukan dalam percakapan menggunakan bahasa Jepang. Terdapat pula kelas yang kami ikuti bersama mahasiswa Jepang lainnya. Lingkungan Universitas Kumamoto yang ramah terhadap mahasiswa asing membuat kami begitu nyaman belajar di universitas ini. Selain itu, di Kumamoto terdapat banyak sekali mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPIJK (Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Kumamoto) yang juga banyak membantu kami selama setahun kami berada disana.
Tidak hanya pembelajaran yang begitu menarik, berbagai event yang diperuntukkan mahasiswa asing oleh Universitas Kumamoto juga sangat mengesankan. Banyak program yang diselenggarakan di penghujung tahun 2016, diantaranya adalah festival kampus yang dilaksanakan di bulan november dengan begitu meriah. Pada bulan desember diadakan perjalanan mengunjungi tempat-tempat penting di Kumamoto, dan bermalam di hotel pemandian air panas yang terletak di perbatasan prefektur Kumamoto-Oita. Ini adalah event yang wajib diikuti bila anda berkesempatan menimba ilmu di Universitas Kumamoto. Awal tahun 2017, di bulan januari kamu berkesempatan untuk mengenalkan tarian tradisional indonesia pada acara KUMISA yang diselenggarakan oleh salah satu organisasi mahasiswa.
Selain event di dalam lingkungan universitas, kami juga mengikuti beberapa event yang diselenggarakan di luar universitas. Kami banyak mengikuti acara yang diselenggarakan oleh KIFA, yang merupakan organisasi persahabatan antara Kumamoto dan Indonesia. Pengalaman yang begitu mengesankan adalah “Kimono Taiken”, dimana kami berkesempatan untuk mengenakan pakaian tradisional Jepang yang sangat terkenal, yaitu Kimono. Dalam mengenakan kimono ini kami dibantu oleh para profesional yang hebat, dengan berbagai corak kimono yang begitu indah. Kami juga mengikuti upacara minum teh dengan adat khas Jepang. Event lainnya yang tak terlupakan adalah “Hanami” melihat keindahan bunga Sakura yang bermekaran dengan indah di dekat Kastil Kumamoto. Sayangnya, kami tidak dapat memasuki kastil tersebut dikarenakan adanya proses perbaikan yang dilakukan pasca gempa besar di Kumamoto pada bulan April 2016. Dikabarkan bahwa proses perbaikan tersebut memakan waktu selama 20 tahun.
Pengalaman selama satu tahun yang kami rasakan dan kami jalani dengan penuh suka cita ini merupakan satu tahun yang tak akan kami lupakan. Begitu banyak pelajaran yang kami dapatkan, menambah wawasan kami dan kesempatan untuk berkomunikasi dengan dunia luar ini semakin membuat kami menjadi pribadi yang terbuka namun tetap selektif di dalamnya. Kami harapkan ilmu yang telah kami dapatkan ini dapat berguna kelak. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih banyak kepada Unversitas Brawijaya, Universitas Kumamoto, dan JASSO yang telah membantu mewujudkan mimpi kami untuk menempuh ilmu di negeri Sakura. Kami ucapkan terima kasih juga kepada segala pihak yang membantu kami selama berada di Jepang dan di Indonesia.
oliv1

oliv2

oliv3