Ditulis pada 27 November 2017 , oleh Pendidikan Jepang , pada kategori Kegiatan

Dalam rangka memperkenalkan Pendidikan Bahasa Jepang kepada pelajar tingkat TK, SD, SMP dan SMA, kami selaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, mengadakan kompetisi yang berkaitan dengan pengetahuan tentang bahasa Jepang. Kompetisi ini sengaja kami peruntukkan siswa TK, SD, SMP, SMA dan yang sederajat dengan tujuan agar dapat mengenal Pendidikan Bahasa Jepang sejak dini. Selain itu juga sebagai motivasi bagi para pelajar agar mereka semakin semangat untuk mempelajari bahasa Jepang.

Terdapat 10 macam lomba yang terdiri dari JLCC (Japanese Languange and Culture Competition), Moji Cup (Asah Kemampuan Huruf Jepang), Roudoku (Membaca Teks Bahasa Jepang), Karaa Contest (Lomba Mewarnai), Bentou (Menghias Makanan), Seiyuu Contest (Voice Actor), Fashion, Mading 3D, Original Character (Menggambar Animasi), dan Dance Cover. Setiap lomba memiliki prosedur perlombaan dan kriteria masing-masing.

Lomba Moji Cup, Roudoku, JLCC, dan Mading 3D diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMA sederajat. Untuk Lomba Bentou diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMA dan Umum. Untuk lomba Original Character memiliki dua kategori yakni pelajar tingkat SMP dan Umum. Untuk lomba Fashion, Dance Cover, dan Seiyuu Contest diperuntukkan bagi umum dengan rentang usia 15-23 tahun. Untuk Karaa Contest diperuntukkan bagi siswa TK dan SD kelas 1 sampai kelas . Semua lomba tersebut akan dilaksanakan dalam satu hari. Para peserta juga diperkenankan untuk mendapat bimbingan langsung oleh guru pembimbing masing–masing sebelum lomba dilaksanakan.

“Minna No Matsuri 5” dilaksanakan pada tanggal 19 November 2017 di Gedung Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Peserta Lomba sejumlah 274 siswa yang merupakan perwakilan dari Sekolah Menengah Atas se-Jawa Timur.

 minori1 minori2 minori3 minori5