Ditulis pada 23 December 2017 , oleh Pendidikan Jepang , pada kategori Kegiatan

Jikoshoukai adalah salah satu rangkaian acara tahunan untuk menyambut Mahasiswa Baru Program Studi Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang. Jikoshoukai 2017 telah selesai dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2017 dengan jargon andalannya “Soba ni Aruite, Tatakae!”. Acara Jikoshoukai 2017 ini diselenggarakan di Gazebo (samping Fakultas Kedokteran) Universitas Brawijaya.

Acara dimulai pukul 12.15 WIB diawali dengan mobilisasi Mahasiswa Baru dari Fakultas Ilmu Budaya menuju Gazebo dengan berjalan kaki berdasarkan kelompok masing-masing dan diakhiri pada pukul 21.30 WIB. Acara inti dimulai pada pukul 12.45 dan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Program Studi dari masing-masing jurusan, Ketua Pelaksana Jikoshoukai 2017, kemudian Ketua Himpunan Mahasiswa. Selanjutnya penampilan dari Club Yosakoi sebagai tarian pembuka acara. Setelah itu dilanjutkan dengan acara Talkshow bersama 2 orang alumni berprestasi dari masing-masing jurusan, yaitu Thia dari Sastra Jepang dan Nadia dari Pendidikan Bahasa Jepang. Talkshow kali ini membahas tentang pengenalan Beasiswa Monbukagakusho dan sedikit membahas tentang dunia kerja yang sedang mereka jalani sekarang. Lalu sebagai penutup mereka menceritakan secara singkat pengalaman-pengalaman mereka selama tinggal di Jepang.

Di setiap rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru pasti akan diberikan tugas juga untuk para mahasiswa baru tersebut, tidak terkecuali di acara Jikoshoukai 2017 ini. Hal ini bertujuan untuk melatih jiwa kreatif mereka. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tugas yang diberikan kebebasan untuk berkreasi seunik dan sekreatif mungkin untuk membuat sebuah video dan sebuah performence yang ditampilkan pada hari itu juga. Penampilan tersebut meliputi lypsinc, traditional dance, paduan suara, akustik, modern dance, fashion show, dan drama musikal.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru di Program Studi Sastra Jepang maupun Pendidikan Bahasa Jepang dapat lebih akrab dengan mengenal satu sama lain, semakin kreatif dan inovatif, serta termotivasi untuk selalu mengukir prestasi akademik maupun non akademik.

jiko1 jiko3 jiko4 jiko5