Sastra Inggris

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 September 2013 , oleh admin

Program Studi Sastra Inggris telah memiliki himpunan alumni sejak tahun 2010 yang diketuai oleh Didik Hartono SS, M.Pd. Selain ketua, secara organisatoris dalam himpunan alumni juga ada sekretaris, bendahara dan beberapa divisi. Himpunan alumni tersebut berperan dalam meningkatkan performa program studi Sastra Inggris. Kontribusi alumni hingga saat ini meliputi kontribusi dalam bidang akademik dan non akademik.

1. Kontribusi alumni dalam bidang akademik.

Beberapa kontribusi alumni yang secara spesifik berhubungan dengan pengembangan program studi antara lain terwujud dalam partisipasi alumni untuk perbaikan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Pada tahun 2010, program studi Sastra Inggris mengundang beberapa alumni yang bekerja di berbagai bidang kerja seperti jurnalistik, media, pendidik, interpreter atau penerjemah, perbankan untuk mendapatkan masukan tentang kompetensi dan komposisi mata kuliah di Prodi Sastra Inggris dalam mendukung kerja profesional mereka.

 

Selain diundang sebagai pembicara misalnya dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru tiap awal tahun ajaran. Beberapa alumni juga memberikan kesempatan pada adik kelasnya untuk magang di tempat usaha yang telah dikembangkan.Hal ini secara praktis menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengasah kompetensinya. Dengan kontribusi alumni yang seperti ini maka dapat dipastikan bahwa alumni telah membantu program studi dalam pengembangan proses pembelajaran, efisiensi pendanaan prodi melalui penyediaan tempat, penambahan jejaring dan lain sebagainya.

2. Kontribusi alumni dalam bidang non-akademik.

Beberapa kontribusi alumni yang tergolong dalam ranah non-akademis antara lain melalui unit kegiatan mahasiswa di fakultas. Banyak dari alumni yang masih secara aktif terlibat dalam pendampingan pengembangan kegiatan ektrakurikuler di kampus sepert dalam komunitas debat, komunitas paduan suara, dan penulisan atau jurnalistik. Bentuk keterlibatan para alumni pada kegiatan ekstrakurikuler tersebut di atas lebih banyak berperan sebagai mentor atau Pembina bagi adik tingkatnya yang masih berstatus mahasiswa aktif di program studi Sastra Inggris.  Hasilnya, para mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan dan keterlibatannya dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Kegiatan yang sudah terlaksana

  1. Sarasehan Alaumn dan Pembentukan Struktur Organisasi Alumni (15 Oktober 2010)
  2. Reorganisasi Kepengurusan Ikatan Alumni Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (11 Nopember 2010)
  3. Rencana Program Kegiatan dan Strategi Pencapaiannya periode 2011/2012 (5 Januari 2011)
  4. Seminar dan Pelatihan Ikatan Alumni Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (9 Mei 2011)
  5. Pemberian Bantuan Buku oleh Alumni (17 Mei 2012)