Program Studi Sastra Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Raih Beasiswa EJJC ke-25

10 - 01 - 2015 admin Berita

Sabtu (13/10) lalu merupakan hari yang membanggakan bagi enam mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Pasalnya, ke-enam mahasiswa ini menjadi penerima beasiswa yang diberikan oleh East Java Japan Club (EJJC) atau organisasi perkumpulan warga Jepang di Jawa Timur. Adapun 6 mahasiswa berprestasi jurusan Sastra Jepang Universitas Brawijaya ini adalah Chandra Aditya, Diah Ayu Palupi, Alya Kartika, Amelia Inca Choirun Nisa, Aditya Wahyu, dan Lovely Sabrina.

Penyerahan beasiswa EJJC ke-25 ini berlangsung di Sekolah Jepang Surabaya (SJS) dan dihadiri oleh mahasiswa penerima beasiswa, keluarga mahasiswa, dosen, panitia EJJC, Konsulat Jenderal Jepang, serta kepala Sekolah Jepang Surabaya. Beasiswa tersebut rutin diberikan setiap tahun sejak 1994 kepada mahasiswa-mahasiswa pembelajar Bahasa Jepang yang berprestasi dan memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu. Selain mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya, juga terdapat mahasiswa lain yang menerima beasiswa ini, di antaranya mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya, Sastra Jepang Universitas Airlangga, Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo, Sastra Jepang Universitas 17 Agustus 1945, dan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya, dengan total 20 orang penerima beasiswa. Acara penyerahan beasiswa ini digelar bersama perayaan bon odori (tradisi Jepang untuk merayakan kedatangan arwah leluhur yang biasanya diadakan pada saat musim panas bulan Agustus), sekaligus juga untuk merayakan 60 tahun hubungan diplomasi Jepang – Indonesia.

Ketua East Java Japan Club, Hideya Sato, berharap dengan adanya beasiswa ini dapat membantu para mahasiswa untuk meraih cita-cita sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya masing-masing, serta mendorong mereka untuk terus belajar Bahasa Jepang.