Program Studi Sastra Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Mahasiswa Sastra Jepang Raih Juara ke-3 Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Universitas

10 - 01 - 2015 admin Berita, Kegiatan

Sabtu (20/10) merupakan hari pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Universitas yang diselenggarakan oleh Universitas Darma Persada Jakarta yang bekerja sama dengan Universitas Hiroshima, Jepang. Lomba ini dilaksanakan di Universitas Darma Persada dengan peserta dari lomba pidato ini adalah 10 universitas yang terpilih dari seluruh Indonesia, yaitu Universitas Hasanudin, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Darma Persada, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Airlangga. Proses seleksi terdiri dari dua tahap. Seleksi yang pertama adalah seleksi naskah yang mana setiap universitas berhak mengirimkan maksimal 5 naskah. Naskah ini akan dikirimkan ke pihak universitas Hiroshima yang kemudian akan dipilih satu naskah terbaik dari setiap universitas. Naskah yang telah terpilih inilah yang berhak melanjutkan ke seleksi yang kedua. Seleksi yang kedua adalah pidato yang dilaksanakan di Universitas Darma Persada. Seleksi kedua ini berisikan 10 peserta yang naskahnya telah lolos seleksi tahap pertama.

Lomba pidato bahasa Jepang ini diadakan setiap tahun satu kali. Tahun 2018 merupakan pelaksanaan ke-3 dengan tema “Transportasi”. Lomba pidato  bahasa Jepang ini juga didukung oleh Kedutaan Besar Jepang dan disponsori oleh Fukuyama Transporting CO. LTD. Pada Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Universitas yang ke-3 ini dimenangkan oleh Mumtazia Aulia Fitri dari Universitas Sumatera Utara sebagai Juara 1. Juara satu ini mendapatkan hadiah utama, yaitu pergi ke Jepang untuk mengikuti program pembelajaran bahasa Jepang. Juara 2 diraih oleh Muhammad Iqbal Abdur Rozak dari Universitas Padjajaran. Tahun ini peserta dari Universitas Brawijaya yang bernama Mohammad Romadhon  meraih  Juara 3.


Meskipun belum meraih Juara 1, pencapaian Universitas Brawijaya dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Universitas kali ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik pada perlombaan-perlombaan berikutnya.