Program Studi Sastra Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Jikoshokai: Selamat Datang Maba 2018!

10 - 01 - 2015 admin Berita, Kegiatan

Jikoshokai merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian ospek Prodi Sastra Jepang yang ditujukan untuk menyambut mahasiswa baru Sastra Jepang 2018. Jikoshokai tahun ini mengusung tema ‘Nihon no Tabemono’ atau Masakan Jepang. Peserta acara ini terbagi atas empat kelompok. Nama tiap kelompok disesuaikan dengan tema Jikoshokai yaitu Mochi, Ringo Ame, Sushi, dan Tempura.

Jikoshokai dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 di gedung B Fakultas Ilmu Budaya. Acara ini dimulai pada pukul 12.30. Setiap kelompok berkumpul terlebih dahulu sebelum diarahkan ke ruang utama untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya. Masing-masing kelompok mengenakan properti-properti menarik yang mencirikan nama kelompok mereka.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kaprodi Sastra Jepang dan Ketua Pelaksana Jikoshokai 2018. Dilanjutkan dengan talkshow dari mahasiswa berprestasi seperti Ahmad senpai dan Ridwan senpai. Setiap kelompok juga menampilkan yel-yel mereka di pembagian waktu yang berbeda. Tak lupa, Jikoshokai juga dimeriahkan oleh penampilan Badai Yosakoi dan FIBeats. Selain itu, dalam rangkaian acara ini diadakan pula pemilihan Ketua Angkatan Sastra Jepang 2018.

Di tengah acara diadakan games seperti Hime Mamoru dan Musume Musuko. Lalu dilanjutkan dengan penampilan video dan performance dari setiap kelompok, yang merupakan salah satu acara utama dalam Jikoshokai. Sushi menampilkan pementasan drama, Ringo Ame menampilkan tari Yosakoi, Tempura menampilkan fashion show, dan Mochi menampilkan modern dance.

Acara ini ditutup dengan pementasan drama komedi dari para advisor/pendamping  serta pengumuman pemenang dari berbagai kategori seperti kelompok terbaik dan performance terbaik. Puncak dari Jikoshokai ini adalah pertunjukan hanabi/kembang api di depan gedung FIB. Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan dapat semakin memperat hubungan baik antara senpai-kohai di lingkungan Prodi Sastra Jepang.