Program Studi Sastra Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Profil

admin
PROFIL PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya
Fakultas : Ilmu Budaya
Kode Program Studi : 79204
(sesuai PDDikti)
Nama Program Studi : Bahasa Indonesia : Sastra Jepang
(sesuai PDDikti) Bahasa Inggris : Japanese Literature
Akreditasi BAN-PT : A
SK Akreditasi : 2891/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017
Tanggal Kadaluarsa : 15-08-2022
Alamat : Fakultas Ilmu Budaya Gedung A Lantai 3
Jl. Veteran Malang
Kode Pos : 65145
Telepon : 0341 575875
Faximile : 0341 575822
e-mail : sastrajepangfibub@gmail.com
Website : fib.ub.ac.id/SastraJepang/
Deskripsi : Program Studi S1 Sastra Jepang, Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya didirikan pada tahun 2007 berdasarkan SK DIKTI No. 1504/D/T/2007. Kurikulum Program Studi yang dipakai adalah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sejak tahun 2017, program studi ini telah memperoleh predikat unggul (Terakreditasi A) oleh BAN-PT Jakarta. Seiring dengan visi dan misi Universitas Brawijaya serta tuntutan stakeholder, Program Studi S1 Sastra Jepang terus memperbaharui spesifikasi program, terutama kompetensi kompetitif yang memberikan nilai lebih kepada lulusan. Spesifikasi Program Studi S1 Sastra Jepang, yang mencakup profil lembaga, sumber daya, persyaratan penerimaan, kerangka kualifikasi, informasi kurikulum, manajemen, sistem jaminan kualitas, dirangkum dalam laman dan buku pedoman akademik atau dapat diakses melalui http://fib.ub.ac.id/SastraJepang/.
Visi : Menuju Program studi yang berstandar internasional melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Bahasa, Sastra, dan Budaya Jepang
Misi : 1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jepang secara profesional dan mampu bersaing di tingkat internasional.
2. Mengaplikasikan penelitian dan kajian interdisipliner di bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya Jepang.
3. Mengkomunikasikan dan mengaplikasikan ilmu dan hasil penelitian bahasa, sastra, dan budaya Jepang kepada masyarakat.
ELO
1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia (jujur, bertanggung jawab, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan), dan berkepribadian tangguh (percaya diri, mandiri, gigih, kreatif).
2. Memiliki kecerdasan sosial sehingga mampu berkontribusi bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat dan lingkungannya dengan memegang teguh nilai, norma, etika, dan hokum dalam bermasyarakat dan bernegara.
3. Menguasai pengetahuan tentang sistem ortografi, pelafalan bahasa Jepang (Kana, Kanji) yang terintegrasi dalam kaidah tata bahasa Jepang dan keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) dalam rentang kemampuan bahasa Jepang (JLPT) tingkat N3 sampai N2.
4. Menguasai konsep dan teori linguistik bahasa Jepang.
5. Menguasai konsep dan teori sastra dan budaya Jepang.
6. Mampu menerapkan pemikiran ilmiah (logis, kritis, sistematis, dan inovatif) dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan didasari nilai humaniora.
7. Mampu menerapkan tahapan kerja ilmiah dari proses mengkaji, menyusun deskripsi saintifik, mengevaluasi kinerja individu dan kelompok, serta mendokumentasi hasil kerja secara sistematis dan terkontrol.
8. Memiliki keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Jepang baik secara lisan, tulisan, dan non-verbal dalam berbagai konteks dan beragam tujuan.
9. Mampu mengkaji dan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian bahasa, sastra, dan budaya Jepang kepada masyarakat baik secara lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Jepang.
10. Mampu mengelola (menerjemahkan) informasi berbahasa Indonesia maupun berbahasa Jepang menggunakan perangkat berbasis teknologi.
Struktur Program Studi Program Studi Sastra Jepangs memiliki dua jenis kelas: kelas reguler dan kelas internasional. Jumlah sks di Program Studi Sastra Jepang adalah total 144 kredit (lihat Pedoman Akademik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya 2018). Struktur program terdiri dari tiga kategori yang merupakan mata kuliah umum yang disediakan oleh Universitas Brawijaya dan Fakultas Ilmu Budaya, mata kuliah skill dan content yang disediakan oleh Program Studi Sastra, dan mata kuliah pilihan di mana mahasiswa dapat dengan bebas memilih untuk 8-12 kredit total dari total mata kuliah. Perkuliahan di Program Studi Sastra Jepang merupakan model perkuliahan penuh waktu dengan durasi belajar selama 4 tahun (8 semester, 2 semester / tahun). Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan / atau dikombinasikan dengan bahasa Jepang. Struktur program yang lebih terperinci disajikan dalam AUN-QA Criterion 2 dan 3.
Persyaratan seleksi mahasiswa baru Pendidikan sebelumnya (beri tanda √ )
√ SMA/MA IPA
√ SMA/MA IPS
√ SMA/MA Bahasa
SMK/MAK* :
Seleksi : https://selma.ub.ac.id/en/
Waktu pendidikan : 4 Tahun
Gelar Lulusan : Bahasa Indonesia : Sarjana Sastra
Bahasa Inggris : Bachelor of Literature
Singkatan :S.S
Dosen home base dan kepakaran : 1. Aji Setyanto, S.S., M.Litt. (Sosiolinguistik/Budaya)
2. Efrizal, S.S.,M.A.(Linguistik)
3. Dewi Puspitasari, M.Hum (Sastra)
4. Eka Marthanty Indah Lestari, M.Si. (Sastra)
5. Nadya Inda Syartanti, M.Si. (Linguistik)
6. Santi Andayani, M.A. (Linguistik)
7. Agus Budi Cahyono, S.S., M.Lt. (Linguistik/Budaya)
8. Ni Made Savitri Paramita, S.S. M.A. (Sastra/Budaya)
9. Dra. Ismi Prihandari, M.Hum. (Linguistik)
10. Esther Risma Purba, S.S., M.Si. (Sastra)
11. Fitriana Puspita Dewi, S.S., M.Si. (Sastra)