Program Studi Sastra Jepang

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Sejarah Program Studi

admin

     Cikal bakal Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya adalah Program Diploma 1 bahasa Jepang yang dibuka pada tahun 2001 . Tingginya animo lulusan SMA/SMK dan peluang untuk memasuki dunia kerja khususnya perusahaan Jepang, maka pada tahun 2002  Program Bahasa dan Sastra membuka Program Diploma III bahasa Jepang (SK Dikti No. 4219/D/T/2004).

     Dalam  kurun waktu satu setengah tahun,  mahasiswa Diploma III bahasa Jepang a.n Prihandayani Ratnasari berhasil meraih Juara 1 Mahasiswa Teladan Jurusan Bahasa Jepang Tingkat Nasional tahun 2004. Pada tahun 2005 mahasiswa Diploma III bahasa Jepang berhasil meraih Juara II Lomba Pidato bahasa Jepang tingkat Jawa Timur, dan pada tahun yang sama mahasiswa tersebut berhasil meraih Juara II Pidato bahasa Jepang Tingkat Nasional. Pada tahun 2006 prestasi mahasiswa Diploma III bahasa Jepang dalam seleksi Beasiswa Monbusho diraih oleh Robbi Widodo dan Hermina Regina, keduanya mendapat kesempatan belajar di Jepang selama satu tahun.

    Tahun 2007 didirikan Program Studi S1 Sastra Jepang (SK Dikti No. 1504/D/T/2007) yang pada waktu itu masih dibawah naungan Program Bahasa dan Sastra Universitas Berawijaya. Sejak Program Studi Diploma III prestasi mahasiswa bahasa Jepang di Universitas Brawijaya terus meningkat. Hampir setiap tahun selalu ada mahasiswa Sastra Jepang yang berhasil menembus beasiswa monbusho, Prestasi yang sangat membanggakan adalah tahun 2012, sebanyak 7 (tujuh) mahasiswa Sastra Jepang FIB berhasil lolos beasiswa monbusho dari  15 mahasiswa dari seluruh Jurusan Bahasa Jepang yang ada di Indonesia. Tahun 2013 ini mahasiswa yang lolos beasiswa monbusho sebanyak 4 (empat) orang yang akan berangkat bulan Oktober 2013. Selain beasiswa Monbusho, Mahasiswa Sastra Jepang FIB UB juga meraih Juara Umum Lomba Kanji Cup tingkat Nasional, 4 (empat) tahun berturut-turut sejak tahun 2010.

      Prestasi mahasiswa Sastra Jepang pada tahun 2014 adalah, Juara 2 Lomba Kanji Cup tingkat nasional, Juara I lomba Pidato Bahasa Jepang wilayah Jawa Timur, Juara III lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional, dan meluluskan 6 (enam) mahasiswa dalam meraih beasiswa Monbukagakusho (Departemen Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang).

      Akreditasi Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya “B”. Upaya peningkatan dari seluruh komponen yang dinilai dalam akreditasi terus ditingkatkan antara lain: jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, karya ilmiah dosen, kurikulum yang berbasis KKNI, rasio ideal dosen:mahasiswa dan lain-lain.