Ditulis pada 2 May 2018 , oleh Seni Rupa , pada kategori Berita

Malang, 30 April 2018.  Angkatan 2015 Program Studi Seni Rupa Murni Universitas Brawijaya kembali membuktikan eksistensinya dengan menggelar Pameran ‘SIZE MATTERS’. Pameran yang  berlangsung pada tanggal 30 April hingga  4 mei 2018 ini bertempat di Teras Budaya FIB Gedung A ruang 1.2. Dibuka Senin malam  30 April tepat pukul 19:00 oleh Femi Eka Rahmawati selaku Kepala Program studi Seni Rupa Murni Universitas Brawijaya. ‘Size Matters’ menampilkan 76 karya mahasiswa prodi seni rupa murni dari 61 peserta lintas angkatan.

Acara ini sejatinya  adalah bagian dari praktikum mata kuliah Aplikasi Menejemen Seni. Karya yang dipamerkan telah lulus seleksi dari  tim penyeleksi pada tanggal 8 April 2018 lalu oleh Romy Setiawan, Danang Rukmana, dan Akhmadi Budi Santoso. Dyanningrum Pradhikta selaku dosen pengampu mata kuliah saat pembukaan pameran menuturkan  “pameran ini ingin mencoba mengubah pandangan masyarakat luas bahwa berkarya tidak harus dengan ukuran yang besar, namun melalui berkarya berukuran minimalis pun seniman tetap bisa menuangkan ide dan gagasannya untuk diapresiasikan oleh audience.”

Ukuran minimalis yang dimaksud merupakan karya dengan ketentuan maksimal 50X 50 cm. Ukuran tersebut dianggap dapat menjadi media pembelajaran bagi seniman muda Universitas Brawijaya untuk dapat menungkan ide dan gagasanya. Gagasan mengenai ukuran karya maksimal 50 x 50 cm sebagai medium berkarya seni rupa tercetus berdasarkan pandangan sebagian masyarakat yang menganggap sebuah karya berukuran besar adalah indah. Pandangan tersebut berusaha dibantah melalui pameran ini, karena pada dasarnya seniman cenderung memfokuskan konsep visual yang kuat dibanding memasukkan ukuran media ke dalam konsep karyanya. Sehingga melalui karya yang minimalis dalam segi ukuran sekalipun, ketika karya tersebut memiliki konsep yang kuat, maka hal tersebut bukanlah suatu masalah. (hid/my)

IMG-20180501-WA0000

suasana pembukaan pameran ‘Size Matters’ Senin 30/4/2018