Ditulis pada 12 December 2014 , oleh Seni Rupa

Berdasarkan Rencana Strategis Fakultas, Visi program studi sebagai perwujudan dari visi fakultas dapat tercapai selama 15 tahun dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Umur prodi yang relatif masih muda
2. Perlunya peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia
3. Perlunya peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana
4. Perlunya perluasan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri
dengan pembagian tahapan sebagai berikut :
1. Tahap 1 meliputi peningkatan sumber daya staf pengajar dan peningkatan sarana dan prasarana dengan tetap mengikuti perkembangan teaching quality dan research quality yang telah ditetapkan oleh universitas
2. Tahap 2 meliputi melanjutkan program teaching quality dan research quality dengan mengutamakan pengembangan laboratorium dan international networking baik untuk pengembangan staf maupun untuk pengembangan pendidikan.
3. Tahap 3 meliputi penjajakan untuk menjadi prodi internasional yang telah siap sehingga pada akhir tahap ke-3 ini Prodi Seni Rupa telah melakukan program secara internasional.

Dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan serta sasaran, Program Studi S-1 Seni Rupa FIB-UB menerapkan kebijakan dari tingkat Universitas dan fakultas yang meliputi: Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu berdasarkan ISO 1900-2008, tracer study, publikasi karya ilmiah dosen di jurnal internasional, evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa dan promosi untuk meningkatkan minat calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Program S2.
Program Studi Seni Rupa juga mempunyai strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran. Strategi tersebut diwujudkan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan yang terencana sesuai dengan Renstra Program Studi Seni Rupa . Penyusunan Strategi Program Sudi Seni Rupa mengikuti sistem kerja yang tertuang dalam bentuk kebijakan yaitu: input mahasiswa yang berkualitas, proses akademik yang berkualitas dan upaya menghasilkan lulusan sesuai visi dan misi yang ditetapkan. Dalam pelaksanaannya, usulan strategi tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Renstra Fakultas, atau bahkan dalam Renstra Universitas. Usulan strategi Program Studi dapat dimasukkan ke dalam Renstra tersebut setelah melalui mekanisme berupa rapat kerja di tingkat Fakultas dan Universitas. Hal inilah yang memungkinkan Rencana Strategi Program Studi dapat diakomodasi.
Strategi pencapaian visi dan misi Program Studi diwujudkan secara bertahap di Renstra Fakultas, sedangkan strategi pencapaian sasaran ditetapkan sesuai dengan Renstra Fakultas (strategi jangka panjang selama empat tahun dan strategi jangka pendek selama satu tahun). Strategi tahunan diwujudkan dalam bentuk program kerja yang ditetapkan setiap tahun melalui rapat kerja di tingkat fakultas dan usulan program studi menjadi aspek penting dalam penetapan strategi tahunan tersebut.
Untuk mencapai visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan, maka program studi menetapkan sasaran berdasarkan usulan dari seluruh dosen berdasarkan kemampuan yang dapat dicapai setiap tahun yaitu:
1. Pendidikan, yang dapat diuraikan menjadi:
a. Tersusunnya kurikulum berbasis kompetensi pada tahun 2010.
b. Jumlah pilihan pertama mahasiswa rata-rata di atas 60% setiap tahun dengan rasio jumlah pendaftar dan yang diterima di atas 2:1.
c. Rata-rata IPK mahasiswa naik sebesar 5% setiap tahun.
d. Setiap tahun ada satu orang dosen yang melanjutkan studi S3.
e. Setiap tahun ada kerja sama internasional untuk meningkatkan kompetensi dosen.
f. Lulusan memiliki Kompetensi Bahasa Inggris (TOEIC) minimal 550.

2. Penelitian, diuraikan menjadi:
a. Setiap tahun ada minimal 2 orang dosen yang mempresentasikan karya ilmiahnya di tingkat nasional maupun internasional.
b. Setiap tahun ada satu penelitian yang didanai oleh fakultas, universitas maupun instansi lain yang berskala nasional atau internasional.
c. Setiap tahun ada 2 karya ilmiah dosen yang dipublikasikan baik di tingkat nasional maupun internasional
d. Setiap tahun 9 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian berskala nasional atau internasional
e. Setiap tahun minimal 4 mahasiswa terlibat dalam kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen

3. Pengabdian kepada masyarakat
a. Setiap tahun ada 2 pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen
b. Setiap tahun minimal 4 mahasiswa terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen
c. Memperbanyak tema kegiatan pengabdian kepada masyarakat