Magister Ilmu Linguistik

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 November 2018 , oleh linguistic , pada kategori Berita

IMG_5608

Guna membina mahasiswa dalam rangka penelitian dan publikasi hasil penelitian, Program Magister Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya telah memprogramkan dua mata kuliah yang mendukung yaitu Mata Kuliah Journal Writing dan Mata Kuliah Proposal Writing and Seminar. Namun, sejauh ini hasil penelitian mahasiswa Magister Ilmu Linguistik FIB belum dapat menembus publikasi di jurnal bereputasi internasional. Dosen Praktisi yang diundang adalah Yanti, Ph.D.

Yanti,Ph.D. adalah Ketua Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB), Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Beliau juga merupakan dosen Program Magister dan Doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris. Sebagai ketua PKBB Unika Atma Jaya Jakarta, Yanti, Ph.D, sangat kompeten pada bidang penelitian dan penerbitan di bidang bahasa dan budaya, khususnya dalam bidang linguistik, baik teoritis maupun terapan, dan aktif menyelenggarakan pertemuan ilmiah nasional dan internasional bekerjasama dengan PKBB.

IMG_5651

Yanti, Ph.D banyak menuliskan artikel ilmiah yang berfokus pada linguistic, khususnya pada bidang sintaksis, morfologi, dan fonologi. Artikel ilmiah yang dihasilkan dimuat di berbagai jurnal ilmiah yang bereputasi di tingkat internasional. Selain itu, beliau juga merupakan salah satu editor di Jurnal Internasional NUSA, yang merupakan sebuah terbitan internasional yang merupakan Seri (monografi, atau kumpulan makalah) mengenai Bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa Nusantara. Jurnal NUSA merupakan jurnal yang dikelola oleh PKBB Unika Atma Jaya.

IMG_5653

IMG_5618

Topik-topik yang diangkat dalam kegiatan Kuliah Tamu ini antara lain : 1. Konsep dan Elemen pada Bab Metode Penelitian; 2. Issues in Writing; 3. Cara menulis temuan atau findings dalam penulisan Jurnal Artikel; 4. Cara menulis pembahasan atau discussion dalam penulisan Jurnal Artikel; 5. Penulisan abstrak sesuai gaya selingkung jurnal

IMG_5685

IMG_5639

Kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan pada tanggal 25-28 November 2018 dan berlangsung mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, bertempat di Aula Gedung A Lantai 2 dan Ruang Pertemuan Lantai 6 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya yang diikuti oleh Seluruh Mahasiswa Program Magister Ilmu Linguistik yang aktif pada semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019.

IMG_5658