Magister Ilmu Linguistik

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 January 2019 , oleh linguistic , pada kategori Berita

Pada hari Senin (14/1/2019) Program Studi Magister Ilmu Linguistik FIB UB menyelenggarakan Kuliah tamu yang disampaikan oleh pakar dalam bidang Pragmatik dan Analisis Wacana dari Universitas Gadjah Mada yaitu Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A. yang merupakan Ketua Program Studi Magister Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada yang telah menghasilkan ratusan buku dan artikel ilmiah dalam bidang Pragmatik dan Analisis Wacana.

DSC_0045

Kegiatan ini tidak hanya akan bermanfaat bagi Program Studi Magister Ilmu Linguistik, namun juga bagi segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya UB, khususnya yang memiliki ketertarikan untuk meneliti dalam bidang linguistik. Dengan adanya kuliah tamu ini diharapkan  civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dapat menghasilkan penelitian pragmatik dan analisis wacana di bidangnya masing-masing yang dapat menyumbangkan nilai kekinian untuk kepentingan Indonesia di masa depan.

Selain itu, Program Studi Magister Ilmu Linguistik sejak 2014 telah menerapkan kurikulum KBK–KKNI . Adapun penyusunan kerangka kompetensi mengacu pada visi dan misi program studi S2 Ilmu Linguistik. Lebih dari itu, berbagai perubahan maupun penambahan matakuliah dibandingkan dengan kurikulum lama juga dilakukan dalam rangka merespon tuntutan kekinian. Oleh karena itu dibutuhkan peninjauan kurikulum. Oleh karena itu, Program Studi Magister Ilmu Linguistik membutuhkan masukan dari Ketua Program Studi Magister Ilmu Linguistik Universitas Gadjah Mada, Dr. Putu Wijana, S.U., M.A.

DSC_0048

Kegiatan kuliah tamu ini bertujuan untuk 1. Memberikan pengetahuan/pengkayaan materi mengenai kajian pragmatik dan analisis wacana kepada mahasiswa dan dosen Program Studi Magister Ilmu Linguistik pada khususnya serta mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Budaya pada umumnya 2. Mengembangkan kemampuan riset tenaga akademik di bidang pragmatik dan analisis wacana 3. Mendapatkan masukan mengenai kurikulum Program Studi Magister Ilmu Linguistik

DSC_0042

Kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Januari 2018 mulai Pukul 09.00 bertempat di Aula A Gedung FIB UB dengan sususan acara adalah Pembukaan, Kuliah Tamu dan dilanjutkan dengan Workshop Kurikulum. Kegiatan kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Magister Ilmu Linguistik dan perwakilan Jurusan dan Program Studi di bawah Fakultas Ilmu Budaya.

\