PS Magister Ilmu Linguistik

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 December 2014 , oleh linguistic

Visi

PS Magister Ilmu Linguistik FIB UB mempunyai visi untuk menjadi program studi linguistik yang bertaraf internasional melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang unggul dalam bidang linguistik, dan menghasilkan magister linguistik yang dapat berperan serta dalam memecahkan masalah-masalah keilmuan dan kemasyarakatan.

 

Misi

PS Magister Ilmu Linguistik FIB UB mempunyai tiga misi untuk merealisasikan visinya yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister di bidang linguistik yang unggul dengan proses pembelajaran yang berkualitas.
  2. Melakukan kegiatan penelitian di bidang linguistik yang bermanfaat bagi ilmu linguistik dan masyarakat serta melakukan publikasi baik dalam bentuk keikutsertaan dalam seminar maupun penerbitan artikel dalam jurnal ilmiah.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat yang berhubungan dengan ilmu linguistik untuk membantu memecahkan masalah-masalah keilmuan dan kemasyarakatan.

Tujuan

  • Tujuan PS adalah rumusan tentang hasil khusus program studi magister dalam bentuk profil kompetensi yang diharapkan dari lulusan sesuai dengan kebutuhan dan standar yang dituntut oleh stakeholders internal dan eksternal, termasuk tuntutan pasar kerja.
  1. Mengadakan pendidikan yang profesional sejak proses seleksi penerimaan mahasiswa dan melaksanakan proses belajar mengajar yang efisien dan efektif sehingga tercipta iklim akademis yang kondusif dan output yaitu luluisannya mampu bersaing di pasar kerja baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan mahasiswa yang mampu melaksanakan dan menghasilkan  penelitian yang berkualitas dan pada akhirnya mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan mahasiswa yang mampu menerapkanhasil penelitiannya di masyarakat dan mampu menyumbangkan pemikirannya bagi pembangunan bangsa.

Profil Lulusan

Lulusan Magister Ilmu Linguistik memiliki pemahaman keilmuan tentang bahasa dan mampu mengaktualisasikan diri secara maksimal dan positif dalam bidang yang ditekuni dalam kehidupan bermasyarakat melalui penelitian mengenai aspek-aspek kebahasaan untuk memecahkan permasalahan di bidang linguistik di masyarakat melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama:

  • Mampu menjabarkan ilmu linguistik baik linguistik teoretis maupun terapan
  • Mampu menerapkan ilmu linguistik untuk kajian interdisipliner dan multidisipliner

Kompetensi pendukung:

  • Melestarikan bahasa-bahasa di Indonesia dengan penelitian
  • Memiliki integritas ilmiah yang tinggi
  • Mampu menganalisa permasalahan-permasalahan dalam bidang penerjemahan
  • Mampu memecahkan permasalahan-permasalahan kemasyarakatan dengan paradigma ilmu pengetahuan, konsep, dan kerangka teori sosiolinguistik

 

Kompetensi lainnya:

  • Mampu mengembangkan ilmu linguistik baik linguistik teoretis maupun linguistik terapan melalui penelitian yang unggul sehingga menghasilkan penemuan-penemuan ilmiah dalam bidang linguistik yang inovatif dan teruji
  • Mampu menyebarluaskan ide-ide dan hasil penelitian melalui jurnal baik di tingkat nasional maupun internasional.