PS Magister Ilmu Linguistik

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
Ditulis pada 12 December 2014 , oleh linguistic

Sinergi antara Tujuan, Sasaran, serta Indikator Pencapaian Tahun 2014-2018

 

Tujuan Sasaran Indikator Pencapaian Periode dan Kuantitas Pencapaian
2014

 

2015 2016 2017 2018
  1. Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi:
  • Memiliki semangat ilmiah dan integritas kepribadian yang tinggi
  • Mampu melaksanakan dan menghasilkan penelitian yang berkualitas
  • Mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional dan internasional
  • Mampu menerapkan hasil penelitiannya di masyarakat dan mampu menyumbangkan pemikirannya bagi pembangunan bangsa.
  • Memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (Doktor/S3).

 

  • Penguatan tenaga akademik melalui pelatihan dan seminar baik di dalam maupun di luar negeri
  • Perintisan research group (kelompok bidang kajian) dalam PS Magister Linguistik yang berdasarkan spesialisasi atau keahlian masing-masing dosen.
  • Pengadaan penelitian yang melibatkan baik dosen maupun mahasiswa.
  • Diseminasi karya tulis ilmiah dosen dan mahasiswa melalui jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.
  • Pengadaan workshop mengenai hibah pendanaan penelitian baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Mendatangkan dosen kuliah tamu setiap tahun

Jumlah lulusan dengan masa studi tepat waktu (≤ 2tahun) 0 50% 55% 68% 79%
Jumlah lulusan yang memiliki IPK ≥ 3.00 0 60% 69% 74% 80%
Jumlah Prestasi Mahasiswa tingkat nasional 2 4 5 7 8
Jumlah Prestasi Mahasiswa tingkat internasional 1 1 2 2 3
Skor TOEFL mahasiswa rata-rata  500 30% 35% 40% 46% 50%
Rata-rata masa tunggu bekerja lulusan (bulan) 0 8 7 6,5 6
Jumlah publikasi ilmiah  tiap dosen 1 2 3 4 5
Pencapaian kepatuhan terhadap setiap Audit Internal Mutu 0 75% 78% 80% 83%
Karya ilmiah dosen dan mahasiswa 5 7 10 13 15
Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu pada skala nasional dan internasional yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa.

 

Jumlah kerja sama penelitian dan pengabdian masyarakat yang terjalin dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah 4 5 6 7 9
  1. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan masalah-masalah keilmuan dan kemasyarakatan.

 

 

Jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat 9 11 13 15 17
  1. Membangun kemitraan yang berkesinambungan dengan stakeholders baik nasional maupun internasional
  • Partisipasi dan keanggotaan dalam asosiasi linguistik nasional dan
  • Kerjasama dan penandatanganan MoU dengan institusi-institusi yang terkait dengan masalah kebahasaan di tingkat nasional dan internasional.

 

Jumlah kegiatan penelitian bersama dan pengabdian dengan institusi lain - 2 4 6 8

 

Strategi pencapaian sasaran PS Magister Ilmu Linguistik adalah sebagai berikut:

  1. Tahap pertama (2012-2016) memperkuat aspek kelembagaan dan peningkatan mutu sumberdaya manusia:
  • Penguatan dalam pengelolaan, penyelenggaraan, dan pengembangan program studi melalui pemindahan pengelolaan dari Universitas ke Fakultas.
  • Pengembangan sistem informasi akademik PS Magister Ilmu Linguistik
  • Peningkatan mutu tenaga akademik melalui studi lanjut (dalam dan luar negeri), kegiatan seminar dan pelatihan, pemagangan di luar negeri serta peningkatan publikasi ilmiah.
  • Peningkatan efektifitas penjaminan mutu melalui penguatan keterkaitan kelembagaan antara PJM dan GJM.
  • Mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam pelatihan-pelatihan baik yang diadakan oleh pemerintah maupun instansi lain.
  • Evaluasi pelaksanaan kegiatan tahap pertama yang dilakukan setiap semester untuk dapat melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

 

  1. Tahap kedua (2017-2021) menekankan pada peningkatan mutu:
  • Peningkatan efektifitas operasional pada tingkat GJM dalam fungsi proses belajar mengajar, administrasi, dan keuangan.
  • Peningkatan monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Peningkatan reward bagi tenaga akademik yang mempublikasikan karya tulisnya pada jurnal internasional
  • Peninjauan kurikulum
  • Evaluasi pelaksanaan kegiatan tahap kedua yang dilakukan setiap semester untuk dapat melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

 

  1. Tahap ketiga (2022-2025) memperluas dan memperkuat jaringan kerjasama, baik pada tingkat nasional maupun internasional:
  • Mendatangkan dosen dari luar negeri untuk mengajar atau memberikan kuliah tamu
  • Mengadakan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat dengan universitas luar negeri
  • Pemanfaatan jaringan kerjasama dengan pihak luar melalui perbaikan proses belajar mengajar
  • Menyebarkan hasil-hasil penelitian dan penerapannya kepada masyarakat melalui berbagai media.
  • Evaluasi pelaksanaan kegiatan tahap ketiga yang dilakukan setiap semester untuk dapat melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.