Laboratorium Ilmu Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya

Pengenalan Budaya Indonesia kepada Mahasiswa Program Darmasiswa RI 2018-2019 melalui Kegiatan Outing

12-Feb-2019 humaniora Berita, Divisi Bahasa, Uncategorized


Para mahasiswa Program Darmasiswa RI Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) memiliki berbagai macam aktivitas untuk lebih mengenal Indonesia lebih dekat. Pada salah satu kegiatan mereka, mereka melakukan kegiatan pembelajaran di Museum Brawijaya, Museum Musik dan Museum Mpu Purwa. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengenai sejarah dan seni budaya Indonesia, terutama Kota Malang.

Selain berkunjung ke museum yang ada di Kota Malang, mereka juga mempelajari teknik membuat batik bermotif topeng dan membuat keramik dengan ciri khas Malangan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal Malang kepada para mahasiswa asing tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di FIB UB, bekerjasama dengan Program Studi Seni Rupa Murni FIB UB.

Mahasiswa Darmasiswa tersebut sangat menyukai kegiatan ini. Selain mereka berhasil membuat batik dan keramik ciri khas Malangan, mereka juga mendapatkan ilmu tentang budaya Indonesia dan pengalaman baru.

Ketujuh mahasiswa asing Pragram Darmasiswa RI tahun ajaran 2018/2019 tersebut adalah Raj Nandita dari India, Solohery Mampionona Aime Randrianantenaina dari Madagascar, Maria Galkina dari Rusia, Byungju Shim dari Korea Selatan, Emmanuel Michael Massay dari Tanzania, Ho Anh Nguyet dan Tran Huu Nguyet Cam dari Vietnam. (DT/MSH/PSIK FIB)