FIB UB Berikan Pelatihan Jaringan, Kelistrikan, Teknik AC, Teknik Genset dan Lift, Pemadam Kebakaran bagi Tenaga Kependidikan Bagian Umum dan BMN                                                                                                  

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan kegiatan Pelatihan Jaringan, Kelistrikan, Teknik AC, Teknik Genset dan Lift, Pemadam Kebakaran bagi Tenaga Kependidikan Bagian Umum dan BMN selama bulan Maret 2021.

“Sebenarnya tidak ada program khusus yang dilakukan. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sudah lama dirancang oleh rekan-rekan di Bagian Umum dan BMN. Untuk ide dan inovasi memang sudah lama ada, namun karena banyaknya kesibukan yang dikerjakan dan minimnya SDM yang ada, sehingga baru tahun inilah kegiatan tersebut bisa direalisasikan” ujar Diah Eko Wahyuni, S.S., Sub koordinator Subbagian Umum dan BMN.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu mengenai kelistrikan, AC, Genset, Lift dan Pemadam Kebakaran. FIB UB memanfaatkan tenaga kependidikan Bagian Umum dan BMN yang mempunyai latar belakang kelistrikan untuk menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut. Handono, Kaur Umum dan BMN, dan Aloysius Pranama A., staf Bagian Umum dan BMN, menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut dengan maksud untuk mengenalkan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang bersifat dasar.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini adalah para tenaga kependidikan Bagian Umum dan BMN serta para Petugas Kebersihan di FIB UB yang kebanyakan memiliki latar belakang lulusan SMK. Pihak FIB UB membuka pendaftaran melalui formulir yang diisi para peserta yang berminat mengikuti pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini juga memiliki alur dan sistem seleksi yaitu dalam minggu pertama dan kedua, kegiatan pelatihan akan dihadiri oleh seluruh peserta yang mendaftar (tercatat ada 21 orang peserta, yakni 6 orang dari tenaga kependidikan dan 15 orang dari tenaga kebersihan) dan diberikan pre-test. Lalu pada minggu ketiga dan keempat peserta akan diseleksi melalui post-test hingga tersisa sebanyak lima orang yang akan dikirim untuk mengikuti pelatihan bersertifikasi di BKL Singosari.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mencari orang-orang yang mampu membantu FIB UB. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetisi secara konseptual dan teknikal, meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, meningkatkan status dan karier kerja, meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan,” ungkap Diah Eko Wahyuni. [KRH/DTS/MSH/Humas FIB]